The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Makalah ini membahas tentang upaya yang dilakukan Indonesian Visual Art Archives (IVAA) sebagai promotor gerakan sadar arsip kesenian dan kebudayaan. Hal yang melatarbelakangi gerakan ini adalah masih minimnya perhatian pemerintah dalam mengelola serta melestarikan arsip seni rupa. Padahal pekerjaan seniman dalam melakukan kerja seni tidak hanya menciptakan karya seni tetapi juga mendokumentasikan proses berkeseniannya. Namun hasil dari proses pendokumentasian inilah yang selanjutnya dapat dikatakan sebagai arsip dan perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan interaksi dengan masyarakat, dan memudahkan masyarakat atau penikmat seni untuk memahami karya seni yang diciptakan oleh seniman. Berbagai  upaya dilakukan IVAA dalam menumbuhkan gerakan sadar arsip kesenian dan kebudayaan pada masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan Festival Arsip, dengan mengadakan beberapa kegiatan yang melibatkan interaksi antara pengunjung dan kegiatan pengarsipan.


Keywords


arsip, seni, Indonesian Visual Art Archive, diseminasi arsip