THE EFFECT OF QUESTION ANSWER RELATIONSHIPS (QARS) STRATEGY AND READING MOTIVATION TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION ON DESCRIPTIVE TEXT AT GRADE X OF SMAN 4 LUBUKLINGGAU

Tri Anggeraini(1), Mukhaiyar .(2), Hamzah .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk mengetahui pengaruh dari Strategi Question Answer Relationships (QARs) dan Motivasi Membaca terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini diperoleh dari tes pemahaman membaca dalam teks deskriptif dan angket Motivasi Membaca siswa. Dalam menganalisis data digunakan analisis uji t dan anova dua arah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi Question Answer Relationships (QARs) memberikan pengaruh signifikan terhadap pemahaman membaca siswa dibandingkan strategi small group discussion. (2) Pemahaman membaca siswa yang memiliki motivasi membaca tinggi yang diajar menggunakan strategi Question Answer Relationships (QARs) lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan strategi small group discussion. (3) Pemahaman membaca siswa yang memiliki motivasi membaca rendah yang diajar menggunakan strategi Question Answer Relationships (QARs) tidak lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan strategi small group discussion. (4) Tidak ditemukan adanya interaksi antara strategi yang digunakan (Strategi Question Answer Relationships dan strategi small group discussion) dan motivasi membaca siswa terhadap pemahaman membaca siswa.

Keywords  : Question Answer Relationships (QARs) strategy, reading motivation, students’ reading comprehension of descriptive text


Article Metrics

 Abstract Views : 219 times
 PDF Downloaded : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.