The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk mengetahui pengaruh dari Strategi Question Answer Relationships (QARs) dan Motivasi Membaca terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini diperoleh dari tes pemahaman membaca dalam teks deskriptif dan angket Motivasi Membaca siswa. Dalam menganalisis data digunakan analisis uji t dan anova dua arah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi Question Answer Relationships (QARs) memberikan pengaruh signifikan terhadap pemahaman membaca siswa dibandingkan strategi small group discussion. (2) Pemahaman membaca siswa yang memiliki motivasi membaca tinggi yang diajar menggunakan strategi Question Answer Relationships (QARs) lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan strategi small group discussion. (3) Pemahaman membaca siswa yang memiliki motivasi membaca rendah yang diajar menggunakan strategi Question Answer Relationships (QARs) tidak lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan strategi small group discussion. (4) Tidak ditemukan adanya interaksi antara strategi yang digunakan (Strategi Question Answer Relationships dan strategi small group discussion) dan motivasi membaca siswa terhadap pemahaman membaca siswa.

Keywords  : Question Answer Relationships (QARs) strategy, reading motivation, students’ reading comprehension of descriptive text