DEVELOPING PROCESS GENRE - BASED APPROACH HANDOUT FOR TEACHING WRITING OF EXPOSITION HORTATORY TEXT FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Handayani .(1), Jufrizal .(2), Hamzah .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Artikel ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan mengajar menulis berbasiskan proses dalam menghasilkan genre berbentuk exposition hortatory. Didalam penelitian ini juga diestimasi tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian ini dilakukan dalam empat tahapan; definisi, disain, pengembangan  dan penyebaran terbatas; pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Adabiah Padang. Setelah tahapan disseminasi terbatas, diukur praktikalitas produk dan effektifitas produk terhadap nilai menulis siswa. Hasil pengembangan menunjukkan validitas produk terdapat pada kategori bisa digunakan dengan perbaikan dengan nilai 77.4. Praktikalitas produk dinyatakan pada nilai 88.77 dan efektifitas pada nilai 80%. Dapat disimpulkan bahwa produk dapat digunakan sebagai bahan ajar mengajar menulis.

 

Key words: writing, handout, process genre – based approach, exposition hortatory

Article Metrics

 Abstract Views : 197 times
 PDF Downloaded : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.