The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan mengajar menulis berbasiskan proses dalam menghasilkan genre berbentuk exposition hortatory. Didalam penelitian ini juga diestimasi tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian ini dilakukan dalam empat tahapan; definisi, disain, pengembangan  dan penyebaran terbatas; pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Adabiah Padang. Setelah tahapan disseminasi terbatas, diukur praktikalitas produk dan effektifitas produk terhadap nilai menulis siswa. Hasil pengembangan menunjukkan validitas produk terdapat pada kategori bisa digunakan dengan perbaikan dengan nilai 77.4. Praktikalitas produk dinyatakan pada nilai 88.77 dan efektifitas pada nilai 80%. Dapat disimpulkan bahwa produk dapat digunakan sebagai bahan ajar mengajar menulis.

 

Key words: writing, handout, process genre – based approach, exposition hortatory