IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH PROJECT BASED LEARNING TECHNIQUE AT CLASS III-B OF THIRD SEMESTER STUDENTS
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
Full Text: Language : en
Abstract
Abstract: Pada awal penelitian ini, mahasiswa/i kelas III-B semester tiga di STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan menghadapi beberapa masalah pada kemampuan berbicara bahasa Inggris. Beberapa model pembelajaran berbicara telah diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa/I. Namun pembelajaran tersebut tidak berhasil meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar mereka. Karena nilai kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa rendah maka penelitian ini di lakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa/I dan untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi perubahan kemampuan berbahasa mereka selama pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat peningkatan kemampuan berbahasa Inggris yang positif. Kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris meningkat dari 62.1 dari sebelum perlakuan menjadi 65.73 pada siklus 1 dan seterusnya menjadi 76 pada siklus 2. Disamping itu, faktor- faktor yang mempengaruhi perubahan kemampuan berbahasa mereka juga diidentifikasikan, yakni pemberian topik yang nyata, aktivasi kemampuan sebelumnya, pemberian respon terhadap proyek teman- teman lain, kegiatan dalam kelompok dan juga presentasinya.
Key words: Speaking Skill, Project Based Learning, Classroom Action Research
Article Metrics
Abstract Views : 2483 timesPDF Downloaded : 1147 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.