The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstract: Pada awal penelitian ini, mahasiswa/i kelas III-B semester tiga di STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan menghadapi beberapa masalah pada kemampuan berbicara bahasa Inggris. Beberapa model pembelajaran berbicara telah diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa/I. Namun pembelajaran tersebut tidak berhasil meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar mereka. Karena nilai kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa rendah maka penelitian ini di lakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa/I dan untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi perubahan kemampuan berbahasa mereka selama pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini  dilakukan dengan desain penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat peningkatan kemampuan berbahasa Inggris yang positif.  Kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris meningkat dari 62.1 dari sebelum perlakuan menjadi 65.73 pada siklus 1 dan seterusnya menjadi 76 pada siklus 2. Disamping itu, faktor- faktor yang mempengaruhi perubahan kemampuan berbahasa mereka juga diidentifikasikan, yakni pemberian topik yang nyata, aktivasi kemampuan sebelumnya, pemberian respon terhadap proyek teman- teman lain, kegiatan dalam kelompok dan juga presentasinya.


Key words: Speaking Skill, Project Based Learning, Classroom Action Research