THE IMPLEMENTATION OF TASK BASED LEARNING TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT GRADE XI NETWORK COMPUTER TECHNIC (NCT) B OF STATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL 1 BENGKALIS
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah teknik pembelajaran berdasarkan tugas dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan teknik pembelajaran berdasarkan tugas. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Masing-masing terdiri dari plan, action, observation, dan reflection. Peserta penelitian adalah peneliti, teman kerjasama, dan siswa kelas XI NCT B SMKN 1 Bengkalis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) tes berbicara, (2) lembar observasi, (3) catatan lapangan, dan (4) panduan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran berdasarkan tugas meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI NCT B SMKN 1 Bengkalis. Ini terlihat dari nilai rata-rata. Nilai rata-rata sebelum melakukan penelitian adalah 2,62, nilai rata-rata tes siklus 1 adalah 2,98, dan nilai rata-rata tes siklus 2 adalah 3,43. Selain itu, penelitian ini juga menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan teknik pembelajaran berdasarkan tugas yaitu: (1) materi yang nyata, (2) interaksi, dan (3) peran guru. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran berdasarkan tugas efektif dalam mengajar berbicara. Sementara, materi yang nyata, interaksi, dan peran guru mempengaruhi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas XI NCT B SMKN 1 Bengkalis.
Keywords : Task based learning, speaking skill
Article Metrics
Abstract Views : 229 timesPDF Downloaded : 75 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.