The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah teknik pembelajaran berdasarkan tugas dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan teknik pembelajaran berdasarkan tugas. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Masing-masing terdiri dari plan, action, observation, dan reflection. Peserta penelitian adalah peneliti, teman kerjasama, dan siswa  kelas XI NCT B SMKN 1 Bengkalis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) tes berbicara, (2) lembar observasi, (3) catatan lapangan, dan (4) panduan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran berdasarkan tugas meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI NCT B SMKN 1 Bengkalis. Ini terlihat dari nilai rata-rata. Nilai rata-rata sebelum melakukan penelitian adalah 2,62, nilai rata-rata tes siklus 1 adalah 2,98, dan nilai rata-rata tes siklus 2 adalah 3,43. Selain itu, penelitian ini juga menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan teknik pembelajaran berdasarkan tugas yaitu: (1) materi yang nyata, (2) interaksi, dan (3) peran guru. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran berdasarkan tugas efektif dalam mengajar berbicara. Sementara, materi yang nyata, interaksi, dan peran guru mempengaruhi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas XI NCT B SMKN 1 Bengkalis.

 

Keywords       : Task based learning, speaking skill