THE EFFECT COLLABORATIVE WRITING AND READING HABITS TOWARD THE STUDENTS’ WRITING OF RECOUNT TEXT AT THE GRADE EIGHT OF MTSN KAMANG

Irna Wahyuni(1), Mukhaiyar .(2), Jufrizal .(3),
(1)  
(2)  
(3)  

Corresponding Author



Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menemukan pengaruh dari strategi menulis kolaborasi dan kebiasaan membaca siswa terhadap kemampuan menulis teks recount. Penelitian ini merupakan semi experimental dengan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini adalah hasil karangan menulis siswa dan hasil angket kebiasaan membaca siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan strategi Menulis Kolaborasi mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan konvensional, (2) siswa dengan kebiasaan membaca yang tinggi yang diajarkan dengan strategi menulis kolaborasi mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (3) siswa dengan kebiasaan membaca yang rendah yang diajarkan dengan strategi menulis kolaborasi tidak mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara kedua teknik dan kebiasaan membaca siswa terhadap kemampuan menulis siswa.

Keywords  : Collaborative Writing, students’ reading habits, students’ writing, recount text.


Article Metrics

 Abstract Views : 166 times
 PDF Downloaded : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.