THE EFFECT COLLABORATIVE WRITING AND READING HABITS TOWARD THE STUDENTS’ WRITING OF RECOUNT TEXT AT THE GRADE EIGHT OF MTSN KAMANG
(1)  
(2)  
(3)  
Corresponding Author
Full Text: Language : en
Abstract
Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menemukan pengaruh dari strategi menulis kolaborasi dan kebiasaan membaca siswa terhadap kemampuan menulis teks recount. Penelitian ini merupakan semi experimental dengan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini adalah hasil karangan menulis siswa dan hasil angket kebiasaan membaca siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan strategi Menulis Kolaborasi mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan konvensional, (2) siswa dengan kebiasaan membaca yang tinggi yang diajarkan dengan strategi menulis kolaborasi mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (3) siswa dengan kebiasaan membaca yang rendah yang diajarkan dengan strategi menulis kolaborasi tidak mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara kedua teknik dan kebiasaan membaca siswa terhadap kemampuan menulis siswa.
Keywords : Collaborative Writing, students’ reading habits, students’ writing, recount text.
Article Metrics
Abstract Views : 166 timesPDF Downloaded : 61 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.