The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak: Artikel ini ditulis untuk menemukan pengaruh dari strategi menulis kolaborasi dan kebiasaan membaca siswa terhadap kemampuan menulis teks recount. Penelitian ini merupakan semi experimental dengan rancangan factorial 2x2. Data penelitian ini adalah hasil karangan menulis siswa dan hasil angket kebiasaan membaca siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa yang diajarkan dengan strategi Menulis Kolaborasi mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan konvensional, (2) siswa dengan kebiasaan membaca yang tinggi yang diajarkan dengan strategi menulis kolaborasi mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (3) siswa dengan kebiasaan membaca yang rendah yang diajarkan dengan strategi menulis kolaborasi tidak mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan dengan konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara kedua teknik dan kebiasaan membaca siswa terhadap kemampuan menulis siswa.

Keywords  : Collaborative Writing, students’ reading habits, students’ writing, recount text.