ADJUSTING WITH A NEW PLACE IN THE LOWLAND (2013) BY JUMPHA LAHIRI

Tesalonika Tesalonika(1), Kurnia Ningsih(2), An Fauzia Rozani Syafei(3),
(1) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-Journal English Language and Literature

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v6i1.8554

Full Text:    Language : en

Abstract


Skripsi ini merupakan analisa dari novel The Lowland (2013) karya Jumpha Lahiri. Permasalahan yang dibahas didalam kajian ini adalah bagaimana cara pendatang melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan baru yang memiliki nuansa yang sangat berbeda dengan lingkungan yang mereka tinggali sebelumnya. Permasalahan dari analisa ini adalah sejauh mana karakter dalam novel ini merefleksikan cara-cara yang dilakukan untuk menyesuaian diri dengan lingkungan baru, serta seberapa besar fungsi elemen-elemen fiksi seperti karakter, setting, dan konflik berpengaruh untuk memperlihatkan cara tersebut. Tujuan dari analisa ini adalah untuk mengungkapkan cara-cara yang dilakukan pendatang dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru, dan untuk mengetahui peran karakter, setting, dan konflik dalam membantu untuk mengetahui cara-cara dalam penyesuaian diri. Metode yang dipakai adalah text-based dan context-based interpretation  yang dikaitkan dengan konsep life instinct dari Sigmund Freud. Hasil dari kajian ini menunjukkan bagaimana cara pendatang menghadapi masalah yang mereka dapati selama proses penyesuaian diri melalui sikap dan perilaku dengan mengendalikan masalah, menghadapi tekanan, membangun hubungan sosial dan memperoleh tujuan. Konflik yang terjadi dari luar dan dalam diri mereka mendorong mereka untuk mencari cara agar tidak terus terjebak dalam hal tersebut.


Keywords


adjusting, new place, The Lowland, sikap, perilaku.

References


Azzahra, S.F, Kurnia Ningsih, and Delvi Wahyuni. (2012). Efforts To Revitalize Lives Spirit In Colum Mccann’s Novel Let The Great World Spin (2009). In E-Journal English Language and Literature. Vol 1, No 1 (2012): SERIE : C page 1-15. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ell/article/view/1833/1570 On January, 20th 2017.

Cullen, Jim.1931. The American Dream. New York: Oxford University Press.

Ferrel, Robyn. 1996. Passion and Theory. Conception of Freud and Lacan. New York: Routledge.

Lahiri, Jumpha. 2013. The Lowland. Canada: Alfred A. Knopf.

Maddux, James S. 1995. Self-Efficacy, Adaptation, and Adjustment Theory Research and Application. Virginia: George Mason University.

Ramona, Alice Bran. 2014. Immigration: ‘A Lifelong Pregnancy’? An Analysis of Jhumpa Lahiri’s Fiction. Dortmund: Technischen Universität Dortmund.

Strachey, James. 1961. Beyond the Pleasure Principle


Article Metrics

 Abstract Views : 164 times
 PDF Downloaded : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal English Language and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.