PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

wuri styo utomo(1),
(1)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.1403

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  terdapat  perbedaan  hasil  belajar
siswa  dalam  materi  mengoperasikan  Personal  Computer  (PC)  dalam  jaringan  pada  mata
diklat  Keterampilan  Komputer  dan  Pengolahan  Informasi  (KKPI)  antara  siswa  yang 
menerapkan  Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah  Media  Online  (PBM  Online)  dengan
siswa  yang  menerapkan  Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah  klasikal  (PBM  klasikal).
Tempat pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.
Jenis  penelitian  adalah  kuasi  eksperimen.  Populasi  dipilih  pada  kelas  X  di  sekolah
tersebut  dengan  menggunakan  teknik  Simple  Random  Sampling,  sedangkan  untuk
menentukan  kelas  sampel  digunakan  purposive  sampling  sehingga  didapat  kelas  X  TKJ  1
sebagai  kelas  eksperimen  dan  kelas  X  TKJ  2  sebagai  kelas  kontrol.  Jenis  data  yang
digunakan  adalah  data  primer  yaitu  tes  akhir  (posttest),  kemudian  data  dianalisis  dengan
menggunakan uji t dengan α = 0,05.
Hasil  analisis  menunjukkan  nilai  rata-rata  posttest  kelas  eksperimen  adalah  86,80
dan kelas kontrol 76,1. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t
hit
 = 3,33 dan ttab
 2,00 berarti thit
 >
t
tab
  sehingga  hipotesis  yang  diajukan  dapat diterima,  yaitu  terdapat perbedaan  hasil  belajar
yang signifikan antara siswa yang menerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media
Online  dengan  siswa  yang  menerapkan  Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah  klasikal
pada  kelas  X  di  SMK  Negeri  1  Tanjung  Raya.  Kelas  yang  menggunakan  pembelajaran
PBM Online lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran PBM
klasikal.

Article Metrics

 Abstract Views : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.