PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
(1)  
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.1403
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar
siswa dalam materi mengoperasikan Personal Computer (PC) dalam jaringan pada mata
diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) antara siswa yang
menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media Online (PBM Online) dengan
siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah klasikal (PBM klasikal).
Tempat pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.
Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi dipilih pada kelas X di sekolah
tersebut dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sedangkan untuk
menentukan kelas sampel digunakan purposive sampling sehingga didapat kelas X TKJ 1
sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Jenis data yang
digunakan adalah data primer yaitu tes akhir (posttest), kemudian data dianalisis dengan
menggunakan uji t dengan α = 0,05.
Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,80
dan kelas kontrol 76,1. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t
hit
= 3,33 dan ttab
2,00 berarti thit
>
t
tab
sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar
yang signifikan antara siswa yang menerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media
Online dengan siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah klasikal
pada kelas X di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Kelas yang menggunakan pembelajaran
PBM Online lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran PBM
klasikal.
siswa dalam materi mengoperasikan Personal Computer (PC) dalam jaringan pada mata
diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) antara siswa yang
menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media Online (PBM Online) dengan
siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah klasikal (PBM klasikal).
Tempat pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.
Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi dipilih pada kelas X di sekolah
tersebut dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sedangkan untuk
menentukan kelas sampel digunakan purposive sampling sehingga didapat kelas X TKJ 1
sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Jenis data yang
digunakan adalah data primer yaitu tes akhir (posttest), kemudian data dianalisis dengan
menggunakan uji t dengan α = 0,05.
Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,80
dan kelas kontrol 76,1. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t
hit
= 3,33 dan ttab
2,00 berarti thit
>
t
tab
sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar
yang signifikan antara siswa yang menerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media
Online dengan siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah klasikal
pada kelas X di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Kelas yang menggunakan pembelajaran
PBM Online lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran PBM
klasikal.
Article Metrics
Abstract Views : 196 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.