PENGARUH PENGGUNAAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL
(1)   Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.1402
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah guru sering
menggunakan metode ceramah, sehingga siswa pasif dan mengakibatkan
rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran TI&K. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi Active Learning Tipe
Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di
kelas VII SMP N 3 Batang Anai.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy
experiment. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 334 orang yang
terdiri dari 9 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive
sampling, yaitu kelas VII
9 sebagai kelas eksperimen dan VII4 sebagai kelas
kontrol masing-masing berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data
adalah tes dan alat pengumpul data adalah lembaran tes dan lembaran
jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Active
Learning Tipe Crossword Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII9, nilai
rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 79,5 dan kelompok
kontrol 72,2. Kelompok eksperimen yang belajar dengan Strategi Active
Learning Tipe Crossword Puzzle memperoleh nilai rata-rata “lebih tinggi”
dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran
konvensional
menggunakan metode ceramah, sehingga siswa pasif dan mengakibatkan
rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran TI&K. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi Active Learning Tipe
Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di
kelas VII SMP N 3 Batang Anai.
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy
experiment. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 334 orang yang
terdiri dari 9 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive
sampling, yaitu kelas VII
9 sebagai kelas eksperimen dan VII4 sebagai kelas
kontrol masing-masing berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data
adalah tes dan alat pengumpul data adalah lembaran tes dan lembaran
jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Active
Learning Tipe Crossword Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII9, nilai
rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 79,5 dan kelompok
kontrol 72,2. Kelompok eksperimen yang belajar dengan Strategi Active
Learning Tipe Crossword Puzzle memperoleh nilai rata-rata “lebih tinggi”
dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran
konvensional
Article Metrics
Abstract Views : 1036 timesPDF Downloaded : 858 times