The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian  ini  berawal  dari  fenomena  di  sekolah  guru  sering
menggunakan  metode  ceramah,  sehingga  siswa  pasif  dan  mengakibatkan
rendahnya  hasil  belajar  pada  mata  pelajaran  TI&K.  Penelitian  ini  bertujuan
untuk  melihat  pengaruh  dari  penggunaan  strategi  Active  Learning  Tipe
Crossword Puzzle  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di
kelas VII SMP N 3 Batang Anai.
Penelitian  ini  berbentuk  kuantitatif  dengan  pendekatan  quasy
experiment. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 334 orang yang
terdiri  dari  9  kelas  dan  teknik  pengambilan  sampelnya  adalah  purposive
sampling,  yaitu  kelas  VII
9  sebagai  kelas  eksperimen  dan  VII4  sebagai  kelas
kontrol  masing-masing  berjumlah  36  orang.  Teknik  pengumpulan  data
adalah  tes  dan  alat  pengumpul  data  adalah  lembaran  tes  dan  lembaran
jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penggunaan  strategi  Active
Learning  Tipe  Crossword  Puzzle  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar  siswa
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII9, nilai
rata-rata  yang  diperoleh  kelompok  eksperimen  sebesar  79,5  dan  kelompok
kontrol  72,2.  Kelompok  eksperimen  yang  belajar  dengan  Strategi  Active
Learning  Tipe  Crossword  Puzzle  memperoleh  nilai  rata-rata  “lebih  tinggi”
dibandingkan  dengan  kelompok  kontrol  yang  belajar  dengan  pembelajaran
konvensional