Model Evaluasi CIPP pada Pelatihan Aparatur Negeri Sipil

Mulya Nanda Hariandja(1), Rosmaria Rosmaria(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v12i2.131214

Full Text:    Language : id

Abstract


Pelayanan publik yang berkualitas merupakan hasil penyelenggara pelayanan yang kompeten. Kompetensi adalah keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diperlukan untuk kinerja optimal. Program pelatihan berperan penting dalam meningkatkan kompetensi melalui kegiatan peningkatan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kementerian Dalam Negeri di Bukittinggi telah menyelenggarakan program pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi manajerial, fungsional, teknis, dan sosial budaya sesuai dengan ketentuan pemerintah. Evaluasi program pelatihan penting untuk memastikan keselarasan antara tujuan dan hasil program. Model Konteks, Masukan, Proses, Produk (CIPP) dapat digunakan untuk evaluasi formatif dan sumatif guna menilai efektivitas program. Evaluasi juga mempertimbangkan pembelajaran orang dewasa, untuk memastikan relevansi dan efektivitas pelatihan. Model CIPP dapat ditingkatkan melalui integrasi evaluasi hasil untuk menilai dampak program pelatihan terhadap tugas dan karir masa depan peserta, sehingga mendorong peningkatan berkelanjutan dalam upaya pengembangan kompetensi.

Article Metrics

 Abstract Views : 90 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 12 times

Refbacks