ANALISIS DAN REFLEKSI MODEL MODEL PEMBELAJARAN

Lisa Candra Sari(1), Novrianti Novrianti(2), Supratman Supratman(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
(3) Universitas Negeri Padang 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v9i1.112875

Full Text:    Language : id

Abstract


Model pembelajaran  tidak dapat disamakan dengan strategi atau  metode. Strategi dan metode adalah bagian yang terkandung di dalam sebuah model pembelajaran. Untuk menjalankan strategi tersebut, seorang pendidik dapat menggunakan beberapa metode sekaligus. Kemampuan untuk dapat melakukan analisis dan refleksi pada model-model pembelajaran tertentu sangat diperlukan oleh guru, dosen, atau perancangan program pembelajaran tertentu guna menemukan solusi. Solusi yang dihasilkan bermanfaat untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Selanjutnya untuk mengukur keakuratan  Dalam artikel ini akan membahas tentang beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pengajarannya. Model yang dikaji adalah model interaksi social, pemrosesan informasi, individual dan model personal. Selain itu juga akan dikaji terkait dengan desain pembelejaran yang paling umum digunakan dalam merancang pembelajaran. Adapun model desain yang dikaji adalah desain sitematik, ASSURE, cycle dan model ADDIE.


References


Bain, K. (2004). What the Best College Teachers Do. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Pribadi, Benny A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Reigeluth, Charles, M. & A. Carr-Chelman, Alislon. (2009). Instructional-Design Theories and Models. Volume III. New York: Routledge Taylor and Francis Publisher.

Rose, M. (2018, November 16). Quality Management in Language Education. Retrieved from European Centre for Modern Languages: http://archive.ecml.at/mtp2/QualiTraining/quality/english/continuum/self_assessement/teachers/MR_reflective%20practitioner.htm

Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Rajawali Pers : Depok.

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

 Abstract Views : 800 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.