The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Model pembelajaran  tidak dapat disamakan dengan strategi atau  metode. Strategi dan metode adalah bagian yang terkandung di dalam sebuah model pembelajaran. Untuk menjalankan strategi tersebut, seorang pendidik dapat menggunakan beberapa metode sekaligus. Kemampuan untuk dapat melakukan analisis dan refleksi pada model-model pembelajaran tertentu sangat diperlukan oleh guru, dosen, atau perancangan program pembelajaran tertentu guna menemukan solusi. Solusi yang dihasilkan bermanfaat untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Selanjutnya untuk mengukur keakuratan  Dalam artikel ini akan membahas tentang beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pengajarannya. Model yang dikaji adalah model interaksi social, pemrosesan informasi, individual dan model personal. Selain itu juga akan dikaji terkait dengan desain pembelejaran yang paling umum digunakan dalam merancang pembelajaran. Adapun model desain yang dikaji adalah desain sitematik, ASSURE, cycle dan model ADDIE.