PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

' Azrul, Ulfia Rahmi(1),
(1) UNP  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v8i2.111001

Full Text:    Language : en

Abstract


The purpose this is to increase students learning outcomes biology class by using cooperative learning model think pair share type using picture media. This research is class action research (CAR). Subject of this research is students in junior high school whit totals 20 students consist of 9 male students and 11 female students. The collecting data of this research using descriptive analysis. The data that analyzed are result of science understanding concept and scientific performance. The student’s capacity of learning outcome before CAR is 69,25 and increase amount of 13,24% first cycle become 82,49 and on the second cycle increase amount of 5,21% become 87,70. Can be summery that application of cooperative learning think pair share type using picture media can increase the result of students learning biology class.

Key Words: Cooperative Learning Model, Think Pair Share

 


References


Ali, M. 2009. Paradigma Belajar IPA Biologi. http://nizamudinshamazia.wordpres.com. Diakses 11 Februari 2020.

Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Rajawali Press. Jakarta.

Benniyan .2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIB SMPN 3 Benai Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta

Daryanto. 2010. Panduan Proses Pembelajaran. AV Publiser. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Elfis. 2010a. Bahan Ajar Cetak. http://elfisuir.blogspot.com/2010/01/bahan-ajar-cetak.html. (Diakses 20 Maret 2012).

Elfis. 2010b. Alur PTK. Available at http://elfisuir.blogspot.com. (Diakses 20 Maret 2020).

Elfis. 2010b. Hubungan Antara Konstruktivisme dengan Pendekatan Kontekstual. Available at http:// elfisuir. blogspot.com.html. (Diakses 20 Maret 2020).

Elfis. 2010c. Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Biologi. Atvaible at.http://elfisuir.blogspot.com.html. (Diakses 20 Maret 2020).

Elfis. 2010d. Teknik Analisis Data. Available at. http://elfisuir/blogspot.com/2010/01/teknik analisis data.html. (Diakses 20 Maret 2020).

Elfis. 2008. Panduan Umum Pemetaan Standar Isi SMP/MTs dan SMA/MA. Tidak diterbitkan. Pekanbaru. FKIP-UIR.

Hamalik, O.2006. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Ibrahim, M. Rachmadiarti, F. Nur, M. dan Ismono. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Iskandar, D. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII5 SMPN 29 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Lie. A, 2010. Mempraktekkan Cooperatif Learning di ruang-ruang Kelas.Grasindo PT Grasindo.Jakarta.

Minirianti, R. 2011 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kampar Kiri Hilir Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau. Pekanbaru.

Sadiman, A. 2007. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sanjaya,W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorentasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo. Jakarta.

Sardiman, A.M. 2010.2012.Interaksi dan motivasi Belajar mengajar. Raja Wali Press: Jakarta.

Slavin.R.E, 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media.

Sudjana, N. 2008. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Soemanto, W. 2006. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Syafril, S., Eldarni, E., & Rahmi, U. (2018). Teknologi Pendidikan: Peningkatan Kualitas dan Akses Pendidikan.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana. Jakarta.

Yoserizal, Y., & Rahmi, U. (2019). PERBEDAAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING DAN TIPE THINK PAIR SHARE DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(4), 1055-1064.


Article Metrics

 Abstract Views : 235 times
 PDF Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.