Pengaruh Interaksi Antara Contextual Teaching and Learning dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep IPA
(1)  
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107193
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara metode Contextual Teaching and Learning dan Motivasi terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian semua siswa kelas V SDIT Adzkia Padang. Sampel penelitian siswa kelas V Thoif 1 dan kelas V Thoif 2. Teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi dan pemahaman konsep. Data dianalisis dengan Anava dua arah untuk pengujian hipotesis terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran CTL dan motivasi belajar dalam mempengaruhi pemahaman konsep IPA siswa. Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi pemahaman konsep belajar IPA siswa. Berarti efek utama faktor metode pembelajaran masing-masing berjalan secara dependen dalam mempengaruhi pemahaman konsep atau tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kategori motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini berarti, masing-masing faktor (metode pembelajaran dan motivasi tidak saling ketergantungan dan tidak mempengaruhi )
References
Amstrong, T. 1994. Multiple Intelligences in the Classroom. Alexandria: ASCD
Amstrong, T. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta: PT Indeks Bandung: Kaifa.
Aderson, L.W.,& Krathwolh (Eds). 2001. A Taxonomy for Learning Teaching. New York: Longman
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mudjono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-6. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan.2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Chatib, M. (2013). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.
Chatib M. 2012. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No.2 Tentang SI dan SKL. Jakarta: Sinar
Depdiknas. 2001. Penyusunan Butir –butir Soal dan Instrumen Penelitian. Jakarta:Depdiknas
Zuleni, Elva.2017.Pengaruh Contextual Teaching And Learning dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDIT ADZKIA. Padang
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Kuswanto. (2005). Pendekatan Pembelajaran Modern: Contextual Teaching Learning.Surakarta :The Surakarta Post
Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk pembelajaran,pengajaran, Dan Asesmen(penterjemah: Prihantoro, A. Dari A Taxonomy for learning, Teaching, And Assesing : A revision of Bloom’s Taxonony of Educational Objectives A Bridged Edition: Addison Wesley Logman, Inc. 2001) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali
Nasution, S.. (1996). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung : Tarsito
Nurhadi, Burhanudin Yasin, Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran
Kontektual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : UNM.
Nursisto. 2001. Spektrum Pengalaman Lapangan dalam Dunia Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
Article Metrics
Abstract Views : 256 timesXML (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.