Abstract
Susu kambing merupakan minuman terbaik di dunia setelah ASI dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat susu kambing sangat banyak salah satunya air susu kambing tidak memiliki faktor lactosa intolerance, yaitu kelainan yang disebabkan kepekaan alat pencernaan pada susu sapi sehingga orang yang sensitif terhadap laktosa susu sapi dapat mengkonsumsi susu kambing agar tidak terjadi diare. Komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan ASI, sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia.
Pemilihan booklet sebagai karya akhir ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perancangan iklan layanan masyarakat yang efektif dan efisien sesuai dengan kelebihan dari booklet tersebut, yaitu media cetak yang mencakup berbagai informasi mengenai kampanye atau promosi untuk meningkatkan brand awareness. Perancangan booklet manfaat susu kambing didasari atas kurang efektifnya media yang telah dibuat dalam mempromosikan susu kambing kepada konsumen. Adapun metode analisis data yaitu menggunakan analisis 5W+1H (what, where, when, who, why, how) dengan seperangkat pertanyaan dan jawaban sebagai kunci pemecahan masalah.
Tujuan perancangan booklet manfaat susu kambing serta media pendukung lainnya adalah untuk memberikan informasi lengkap mengenai manfaat susu kambing dengan rancangan yang sederhana dan mudah dipahami konsumen, sehingga informasi tersampaikan dengan efektif.
Kata kunci: Perancangan, Booklet, Manfaat Susu Kambing