Abstract


Abstrak
Pusat Pendidikan SATNUSA memiliki banyak pesaing dalam sesama pendidikan, dan hal tersebut menyebabkan kurang dikenal pendidikannya. Maka diperlukan media promosi yang dapat menjelaskan dan memberi gambaran tentang ruang lingkup pendidikan ini. Media booklet yang dapat memberikan gambaran tentang bagaimana ruang lingkup pendidikan dan menjelaskan tentang informasi-informasi dalam bentuk visual dan verbal yang ada di Pendidikan SATNUSA. Untuk dapat menjelaskan pendidikannya kepada target audience Pusat Pendidikan SATNUSA mengambil langkah-langkah untuk mengadakan Perancangan ”Promosi Pusat Pendidikan SATNUSA dalam bentuk Media Cetak”. Perancangan Promosi ini merupakan salah satu tujuan untuk mempromosikan dan menyampaikan isi pesan kepada target audience agar target audience dapat ikut bergabung dengan Pendidikan SATNUSA. Tujuan dari perancangan adalah menciptakan suatu promosi yang dapat diamati perkembangan perusahaan yang menyangkut segala kegiatan usahanya dan juga sebagai panduan belajar bagi desainer apabila sudah tamat dari bangku perkuliahan. Perancangan promosi ini menggunakan strategi visual Hi-Tech yang berhubungan dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi. Karena pendidikan tersebut berhubungan dengan teknologi, jadi perancangan promosi ini didesain melalui prosedural yang bersifat Persuasif. Proses perancangan yang prosedural tersebut berorientasi pada pemecahan masalah yang dihasilkan. Media Booklet tentang ”Promosi Pusat Pendidikan SATNUSA dalam bentuk Media Cetak” sesuai dengan karakter produk yang diharapkan. Perumusan masalah dan identifikasi serta tujuan, pengambilan data melalui cara observasi, dan wawancara kemudian di analisis dan akhirnya menjadi konsep dari perancangan. Perancangan menghasilkan media utama yang berupa Media Booklet yang berisikan tentang profil Pusat Pendidikan SATNUSA mulai dari Latar Belakang, visi dan misi, tujuan, manfaat, serta mutu pendidikan. Media promosi dilengkapi media pendukung seperti, brosur, baliho, stiker, blanko formulir dan kartu nama, media promosinya buku pedoman dan pin.