Persepsi Guru terhadap Pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menengah Pertama Negeri
), Rifma Rifma(3), Hendri Budi Utama(4), (1) Universitas Negeri Padang 
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia 
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia 
(4) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia 
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v14i1.133741
Full Text:
Language : id
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait persepsi guru terhadap pengelolaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri yang berada di wilayah Kecamatan Padang Selatan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengungkap persepsi guru mengenai pengelolaan P5 yang mencakup aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian terdiri atas sejumlah guru yang dipilih melalui teknik Proportional Stratified Random Sampling dengan perhitungan berdasarkan rumus Cochran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket tertutup dengan skala Likert. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak statistik, yang menunjukkan bahwa instrumen layak digunakan dalam penelitian. Hasil analisis data mengindikasikan bahwa persepsi guru terhadap pengelolaan P5 pada semua aspek berada dalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan, guru menunjukkan pandangan positif terhadap pelaksanaan P5 di sekolah. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar penelitian lanjutan mengembangkan pendekatan observasi langsung dengan instrumen yang lebih komprehensif untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan menyeluruh terhadap pengelolaan P5.
Keywords
References
Arikunto, S., & Yuliana, L. (2016). Manajemen Pendidikan. Graha Cendekia.
Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education (8th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Castaldi, B. (1987). Educational Facilities: Planning, Modernization and Management. Boston: Allyn & Bacon.
Cochran, W. G. (1977). Sampling Techniques (3rd ed.). New York: John Wiley & Sons.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston: Pearson Education.
Daft, R. L. (2016). Organization Theory and Design (12th ed.). Boston: Cengage Learning.
Danielson, C. (2007). Enhancing Professional Practice: A Framework for Teaching (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change (4th ed.). New York: Teachers College Press.
Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2014). SuperVision and Instructional Leadership (9th ed.). Boston: Pearson.
Hallinger, P., & Murphy, J. (1985). Assessing the instructional management behavior of principals. The Elementary School Journal, 86(2), 217–247. https://doi.org/10.1086/461445
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational Administration: Theory, Research, and Practice (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Kemendikbudristek. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Transformational school leadership for large-scale reform. Journal of Educational Administration, 43(2), 201–218. https://doi.org/10.1108/09578230510589801
Leithwood, K., Louis, K. S., Anderson, S., & Wahlstrom, K. (2004). How Leadership Influences Student Learning. New York: Wallace Foundation.
Mintzberg, H. (1994). The Rise and Fall of Strategic Planning. New York: Free Press.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Murwindra, R., Musdansi, D. P., Irfandi, & Azmi, W. J. (2024). Study of readiness of the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in the implementation of the independent curriculum based on teachers' perception at SMAN 1 LTD. Proceeding of International Conference on Science and Technology, 2(1). https://doi.org/10.36378/internationalconferenceuniks.v2i1.3859
Priandani, I., Kusmiatun, A., Efendi, A., & Prihadi. (2022). The implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Sekolah Penggerak in the border area of North Kalimantan. Proceedings of the International Conference on Humanities and Social Sciences (ICHSS 2022). https://doi.org/10.4108/eai.17-12-2022.2335217
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipc di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2724
Rahman, A. (2022). Pendidikan karakter dalam konteks Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 45–60. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.1234
Rahmawati, A., Parji, & Dewi, C. (2023). Teachers' perceptions of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) as an implementation of differentiated learning in the independent curriculum in the digital era. Proceedings of the Basic Scientific Conference, August 2023.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management (13th ed.). Boston: Pearson.
Sari, R. (2021). Pendidikan Pancasila di era globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 5(2), 123–135.
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2007). Supervision: A Redefinition (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline: The Art & Practice of the Learning Organization. New York: Doubleday.
Setiawati, L. (2023). Manajemen fleksibilitas dalam pendidikan karakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45–60.
Stufflebeam, D. L. (2003). The CIPP model for evaluation. In T. Kellaghan & D. L. Stufflebeam (Eds.), International Handbook of Educational Evaluation (pp. 31–62). Boston: Kluwer Academic Publishers.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.
Suyanto, P. (2020). Integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 201–215.
Swaffield, S. (2008). Critical friendship, dialogue and learning, in the context of leadership for learning. School Leadership & Management, 28(4), 323–336. https://doi.org/10.1080/13632430802292173
Terry, G. R. (2006). Principles of Management. Homewood, IL: Richard D. Irwin.
Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.
Wati, R. S. S., & Saputra, M. (2024). Project for Strengthening Pancasila Student Profile (P5) as a configuration media is fostering 6C skills in young citizens. In Proceedings of the 2nd International Conference on History, Social Sciences, and Education (ICHSE 2024) (pp. 182–190). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-307-8_19
Widiastuti, S., Mustaji, & Mariono, A. (2024). Pancasila Student Profile Strengthen Project as a forum for developing transferable skills in Indonesian vocational secondary schools. The Asian Conference on the Social Sciences 2024: Official Conference Proceedings, 235–244. https://doi.org/10.22492/issn.2186-2303.2024.20
Article Metrics
Abstract Views : 233 times
PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 62 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.



