Analisis bibliometrik manajemen pembelajaran digital

Ronny Walean(1), Yeane Koyongian(2), Frandy Walean(3),
(1) Universitas Klabat, Minahasa Utara  Indonesia
(2) Universitas Klabat  Indonesia
(3) Universitas Klabat 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.128231

Full Text:    Language : id

Abstract


Pengintegrasian manajemen pembelajaran dengan teknologi digital menjadi fokus penting dalam pengembangan pendidikan di era digital. Namun, penelitian yang secara langsung menghubungkan kedua domain ini masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian terkait manajemen pembelajaran digital dalam konteks pendidikan untuk memahami keragaman fokus dan integrasi antara kedua domain tersebut. Pendekatan bibliometrik digunakan untuk menganalisis klaster dan tren dalam literatur terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun manajemen pembelajaran menjadi fokus utama, penelitian yang secara langsung menggabungkan manajemen pembelajaran dengan pembelajaran digital masih minim. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan kesadaran dan penelitian yang lebih aktif dalam mengintegrasikan konsep ini. Sebagai rekomendasi, para peneliti dan praktisi pendidikan perlu memperkaya wawasan dalam bidang ini untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan adaptif. Kesimpulannya, integrasi antara manajemen pembelajaran dan pembelajaran digital menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.


Keywords


manajemen pembelajaran digital; integrasi teknologi digital; pengembangan pendidikan; tren penelitian; analisis bibliometrik

References


Chairunnisa, I. C., Rusdinal, R., Ermita, E., & Al Kadri, H. (2021). Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi di SMK se-Kota Padang Panjang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(2), 116–119.

Cojocaru, A. M., Bucea-Manea-Țoniș, R., Jianu, A., Dumangiu, M. A., Alexandrescu, L. U., & Cojocaru, M. (2022). The role of physical education and sports in modern society supported by IoT—a student perspective. Sustainability, 14(9), 5624.

Firman, M., Berliana, B., Sauri, R. S., & Wasliman, I. (2024). Manajemen Pembelajaran Terintegrasi dalam Model Pembelajaran Blended Learning, Learning Management System. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, pp. 1038–1046. Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pact Mojokerto. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.869

Gunawati, L. (2022). Manajemen Media Pembelajaran Digital dalam Mewujudkan Efektivitas dan Semangat Belajar pada Masa Pandemi di Raudthatul Athfal Kecamatan Kalipucang Pangandaran. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, Vol. 1, pp. 148–167. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Farabi Pangandaran. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v1i2.42

Herlambang, S., Nugroho, H. A., & Wahyuning, S. (2022). Manajemen Pembelajaran Digital Dalam Rangka Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19 Di Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi Dan Manajemen, Vol. 15, p. 12. Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. https://doi.org/10.56606/albama.v15i2.72

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta. Retrieved from https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/10/RENSTRA-KEMENDIKBUD-full-version.pdf

Kominfo. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. Jakarta. Retrieved from survei.literasidigital.id

Massang, B., Verawaty, H., & Nuryadi, G. (2021). Manajemen Pembelajaran Digital Melalui Pendekatan Plan, Do, Check, Act Cycle pada Program Studi Pendidikan Agama Kristen. JMPK : Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, Vol. 1, pp. 1–9. Institut Agama Kristen Negeri Manado. https://doi.org/10.51667/jmpk.v1i1.561

Musthofa, T., Setiyawan, A., & Sodiq, M. J. (2018). Manajemen Pembelajaran Bahasa Berbasis Integrasi-Interkoneksi Menuju World Class University. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, pp. 115–135. Al-Jamiah Research Centre. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-07

Nurfidah, N. (2021). Kemampuan Technologi Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Mahasiswa Calon Guru Pgsd Melalui Presentasi Di Kelas. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), Vol. 5. Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2572

Rozalina, R. (2020). Manajemen Pembelajaran Digital Melalui Aplikasi Youtube. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Rukmana, A. Y., Supriandi, S., & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472.

Wang, B. (2022). The role of the Internet in modern education of China. Man and Education, (2 (67)), 157–166.


Article Metrics

 Abstract Views : 31 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.