Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Muatan Lokal Cerita Rakyat Jambi

Laras Apriyanti(1), Indryani Indryani(2), Bunga Ayu Wulandari(3),
(1) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi  Indonesia
(2) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi  Indonesia
(3) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.127743

Abstract


Pembentukan karakter pada anak usia dini dikembangkan melalui kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pendidikan karakter berbasis cerita rakyat Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Proses pengembangan mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Kelayakan pengembangan media pendidikan karakter untuk anak usia dini berdasarkan cerita rakyat Jambi telah diuji oleh ahli materi dan ahli media dan diterapkan pada 12 siswa TK Al Badariyah Muslimat NU Kabupaten Batanghari. Penelitian ini menilai kelayakan pengembangan media pendidikan karakter untuk anak usia dini berbasis cerita rakyat Jambi. Penelitian ini menilai kelayakan media pendidikan karakter berbasis cerita rakyat Jambi untuk anak usia dini. Validasi ahli materi menunjukkan kelayakan 64% dengan beberapa revisi, sementara ahli media menilai kelayakan 55% juga dengan revisi. Guru kelas memberikan tanggapan sangat positif dengan skor 100%, menunjukkan tidak perlu revisi. Uji kelompok kecil menghasilkan skor rendah 26%, menunjukkan media kurang efektif dan butuh perbaikan signifikan. Namun, uji kelompok besar menunjukkan efektivitas signifikan dengan nilai t uji (20,568) lebih besar dari t tabel (2,0687), membuktikan bahwa media ini efektif meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini berbasis konten lokal. Secara keseluruhan, media ini berpotensi besar tetapi memerlukan penyempurnaan lebih lanjut

Keywords


karakter anak usia dini; pengembangan media pembelajaran; media muatan lokal

References


Abdul Muktadir & Agustrianto. (2014). Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Di Sekolah Dasar Provinsi Bengkulu. Jurnal FKIP Universitas Bengkulu.

Abdullah, M., Hidayah, N., & Mustarofah, O. A. (2023). Kegiatan Bercerita Dan Mewarnai Gambar Pada Anak Usia Dini Sebagai Bentuk Penanaman Karakter Toleransi Beragama Di Desa Kedawung Jumapolo Karanganyar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 61-70.

Ahmad Ridhai Azis. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Metode Mendongeng. Jurnal Cokroaminoto Juornal of Primary ducation, Volume 6, Nomor 1, April, 2023, e-ISSN: 2654-6434 dan p-ISSN: 2654-6426.

Amirulloh. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga: Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Ardhyantama. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 1(2), 95-104.

Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asy-Syalhub. (2008). Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah. Jakarta: Darul Haq.

Bahtiar. (2015). Penulisan Bahan Ajar. Https:// Doi.Org/ 10.13140/ Rg.2.1.1441 .6083.

Dakir. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta : K-Media.

Danandjaja . (2007). Folklor Indonesia, Jakarta: Grafiti Press.

Dick & Carey. (2015). The Systematic Design of Instructioh (M. Feliberty (ed.)). Library of Congress Cataloging.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Eka Cipta.

Djamarah. (2013). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rinika Cipta.

Fitria Wulandari (2022) Mengenal Dan Mengetahui Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Cerita Rakyat Putri Tujuh, Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya e-ISSN 2549-7715 | Volume 6 | Nomor 3 | Juli 2022 | Hal: 995-1007, Terakreditasi Sinta 4.

Hapza Ali. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Deepublish.

Hasan. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta : Tahta Media Group.

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta : Perdana.

Kurniawan. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indriyani. (2013). Mengembangkan Konsep Sains dan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Bimbingan. UPI: Repositiry.upi.edu.

Martha Christianti (2015) dengan judul Pengenalan Karakter Untuk Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat Budaya Lokal, Artikel PGPAUD UNY.

Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munadi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : GP Presada.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikti.

Norhaziana.(2005). http://ictsyaifudin.blogspot.com/2017/12/media-pembelajaran-video.html.

Oktariyani & Juwita. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Local Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip) Stkip Kusuma Negara Jakarta, 11(2), 95–101. Https://Doi.Org/10.37640/Jip.V11i2.93.

Prastowo, Andi. (2012). *Budaya Ilmiah Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Program StudiI Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga. Budaya Ilmiah Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Program Studi Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keg

Rafli. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Lokal Bernuansa Islami Pada Masyarakat Melayu Di Seberang Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, Vol. 1(3), 202-207.

Ratih Baiduri, Khairani, & Puspitawati. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Cerita Rakyat Sumatera Utara. Jakarta: Perdana Publishing.

Rindilla, Antika. (2021). Analisa Kebutuhan Karakter untuk Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3954-3961. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Rizal. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bahasa Inggris Iain Bengkulu Melalui Students’ Need Analysis. Jurnal At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 12(2), 232–252. https://doi.org/10.29300/Attalim.V12i2.1632

Salahudin & Alkrienciechie. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Samani & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya. (2005). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock. (2009). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rosda Karya.

Sari, & Indrawati. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jakarta: Penerbit CV. Eureka Media Aksara.

Sri Anitah. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: Cakra Books.

Sudrajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/Jpk.V1i1.1316

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sujiono. (2007). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group.

Sutarti, Tatik. (2018). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. Aksara Media Pratama.

Suwardani. (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Jakarta: Unhi Press.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: Pt. Remaja Rosdakarya.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. http://mandikdasmen.kemdiknas. go.id/web/ pages/urgensi.html. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2011.

Tsauri, Sofyan. (2015). Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. IAIN Jember: Press.

Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulfa Khaira,Indryani, Akhmad Fikri Rosyadi (2022). The Development of an Android-Based Educational Game “Orang Kayo Hitam” Jambi Folklore to Improve Student Motivation at Al-Falah Kindergarten Jambi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 11(2), 65–75. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/Wibowo. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani. (2016). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: PT Ar- ruzz Media.

Yustina Dwinuryati (2017). Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Cerita Rakyat “Nyi Andan Sari Dan Ki Guru Soka, Pascasarjana FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia. Jurnal Artefak: History and Education, 4(1), April 2017.

Youpika & Darmiyati Zuchdi. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

 Abstract Views : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.