Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif BASIC pada Materi Dasar-Dasar Akuntansi Menggunakan Smartphone Android

Mulyeti Elfira(1), Ali Idrus(2), Suratno Suratno(3),
(1) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi  Indonesia
(2) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia  Indonesia
(3) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.127740

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif BASIC pada materi dasar-dasar akuntansi menggunakan smartphone Android. Metode pengembangan media ini mengikuti model Lee & Owens. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan 2 kali dengan uji coba kelompok kecil oleh 4 orang responden dan uji coba kelompok besar 20 responden. Responden adalah peserta didik Fase E Akuntansi SMK N 6 Tanjung Jabung Timur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 82,34%, dengan respon peserta didik mencapai 95,39%. Media ini dinilai sangat layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Media pembelajaran interaktif BASIC pada materi dasar-dasar akuntansi menggunakan smartphone Android dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan baik. Respon positif dari peserta didik dan tingkat validasi yang tinggi menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik terhadap materi akuntansi.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; BASIC; Akuntansi, Smartphone Android.

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahyanuardi, A., Hambali, H., & Krismadinata, K. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertifikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67-74.

Allesi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning: Methods and development (third edition). Boston: Allyn and Bacon.

Ardianti, T. R., & Susanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan SMK. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2879-2892.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Donald E, Kieso, Weygandt Jerry J, Warfield Terry D. (2017). Akuntansi Keuangan. Menengah. Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143.

Feriyanto, A., & others. (2015). Komunikasi Bisnis strategi komunikasi dalam Mengelola Bisnis untuk mahasiswa dan Umum. Yokyakarta: Mediatera.

Hidayanto, N. (2017). Pengembangan media interaktif berbasis kemampuan komunikasi matematis pada materi SPLDV dan SPLTV SMK menggunakan adobe flash CS6 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Indrastyawati, C. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis android Pada Matri Sistem Indera untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Bantuk.S1 thesis, UNY. https://eprints.uny.ac.id/43353/

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan. IKAPI.

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, 1415-1420.

Kompri. (2017). Belajar Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design. San Francisco: Pfeiffer.

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Mayer, R. E., & Moreno, R. (1998). A cognitive theory of multimedia learning: Implications for design principles. Journal of educational psychology, 91(2), 358-368.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Nazruddin Safaat H. (2012) (Edisi Revisi). Pemrograman Aplikasi Mobile. Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49-54.

Nurlaili, F., Hartika, N., & Handayani, T. S. (2020). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. PROGRESS: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 187-203.

Nurlina, & others. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. LPP Unismuh. Makassar.

Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Presiden Republik Indonesia. 10 Agustus.

Putri, R. S., & Listiadi, A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31018

Rahmawati, T., & Nurlaili, F. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS MODEL GROUP TO GROUP EXCHANGE. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 18-30.

Reinders, Hayo. (2010). “Twenty Ideas for Using Mobile Phones in the Language Classroom”. English Teaching Forum. United Kingdom.

Rizarizki, J. M., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kerinci. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 967-978. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2

Sudjana & A. Rifai. (2000). Sumber Belajar dan Alat Pelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Susenas Kor. (2022). Proporsi Individu yang Menguasai/Memiliki Telepon Genggam Menurut Kelompok Umur https://www.bps.go.id/indicator/27/1222/1/proporsi-individu-yang-menggunakan-telepon-genggam-menurut-kelompok-umur.html. BPS

Sutarman,A.,Wardipa,I.G.P.,& Mahri,M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097

Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163-172.http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara

UU No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Presdiden Republik Indonesia. 10 Agustus

Wahab, Gusnarib & Rosnawati (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Adab: Indramayu

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Wibawanto, Wandah (2017). Desain Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif

Watoni, M. S. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Bidang Studi Akuntansi. MANAZHIM, 1(1), 64-80

Warsono, Sony, Arif Darmawan, dan M. Arsyadi Ridha (2009). Akuntansi Pengantar 1 Berbasis Matematika Siklus Akuntansi di Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur. Yokyakarta: Asgard Chapter

Wikipedia. Android http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi) diakses pada tanggal 11 Juni 2023

Winarno, dkk. (2009). Teknik evaluasi multimedia pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.

Yadiati.W dan Mubarok.A.2017.Kualitas Pelaporan Keuangan Kajian Teoritis dan Empiris.Jakarta:Kencana

Yudhistira. (2023). Urutan versi android dari awal hingga android 13 (Tiramisu). Diakses pada tanggal 2 September 2023 dari

https://www.bhinneka.com/blog/urutan-android/

Zamzami Faiz, Dkk (2015), Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : Gadjah Mada. University Press.

Zurweni, dkk., 2021. Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. Vol 13 No 1.Hal 58-65.

ChatGPT

Rahmawati, T., & Nurlaili, F. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Model Group to Group Exchange. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 18-30.

Reinders, H. (2010). Twenty Ideas for Using Mobile Phones in the Language Classroom. English Teaching Forum, United Kingdom.

Rizarizki, J. M., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kerinci. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 967-978. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2

Sudjana, & Rifai, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Pelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Susenas Kor. (2022). Proporsi Individu yang Menguasai/Memiliki Telepon Genggam Menurut Kelompok Umur. Retrieved from https://www.bps.go.id/indicator/27/1222/1/proporsi-individu-yang-menggunakan-telepon-genggam-menurut-kelompok-umur.html. BPS

Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097

Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163-172. http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

UU No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Presiden Republik Indonesia, 10 Agustus.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Adab: Indramayu.

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Wibawanto, W. (2017). Desain Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Watoni, M. S. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Bidang Studi Akuntansi. MANAZHIM, 1(1), 64-80.

Warsono, S., Darmawan, A., & Ridha, M. A. (2009). Akuntansi Pengantar 1 Berbasis Matematika Siklus Akuntansi di Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur. Yogyakarta: Asgard Chapter.

Wikipedia. (2023). Android. Retrieved from http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi) diakses pada tanggal 11 Juni 2023.

Winarno, et al. (2009). Teknik evaluasi multimedia pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.

Yadiati, W., & Mubarok, A. (2017). Kualitas Pelaporan Keuangan Kajian Teoritis dan Empiris. Jakarta: Kencana.

Yudhistira. (2023). Urutan versi android dari awal hingga android 13 (Tiramisu). Retrieved from https://www.bhinneka.com/blog/urutan-android/

Zamzami Faiz, et al. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press.

Zurweni, et al. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(1), 58-65.


Article Metrics

 Abstract Views : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.