Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif BASIC pada Materi Dasar-Dasar Akuntansi Menggunakan Smartphone Android

Mulyeti Elfira(1), Ali Idrus(2), Suratno Suratno(3),
(1) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi  Indonesia
(2) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia  Indonesia
(3) Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.127740

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif BASIC pada materi dasar-dasar akuntansi menggunakan smartphone Android. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang telah dirancang oleh William W Lee dan Diana L. Owens yang dikenal dengan model Lee & Owens. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta uji coba pada 20 siswa kelas sebelas sekolah menengah kejuruan dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 82,34%, dengan respon peserta didik mencapai 95,39%. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Media ini dinilai sangat layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Media pembelajaran interaktif BASIC pada materi dasar-dasar akuntansi menggunakan smartphone Android dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan baik. Respon positif dari peserta didik dan tingkat validasi yang tinggi menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik terhadap materi akuntansi.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; BASIC; Akuntansi, Smartphone Android.

References


Albó, L. (2019). Smartphones or laptops in the collaborative classroom? A study of video-based learning in higher education. Behaviour and Information Technology, 38(6), 637–649. https://doi.org/10.1080/0144929X.2018.1549596

Andrew, M. (2018). Student attitudes towards technology and their preferences for learning tools/devices at two universities in the UAE. Journal of Information Technology Education: Research, 17, 309–344. https://doi.org/10.28945/4111

Anshari, M. (2017). Smartphones usage in the classrooms: Learning aid or interference? Education and Information Technologies, 22(6), 3063–3079. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9572-7

Caserta, S. (2021). Use of a smartphone-based Student Response System in large active-learning Chemical Engineering Thermodynamics classrooms. Education for Chemical Engineers, 36, 46–52. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.02.003

Cerya, E. S. P., Afdal, Z., & Susilowibowo, J. (2021). MELDIGANSI (Media Pembelajaran Digital Akuntansi) Berbasis Android Bagi Siswa SMA. Jurnal Ecogen. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/12424

Darsih, T. K., & Lubis, E. L. S. (2021). MONOGRAF Media Pembelajaran Akuntansi Dasar Berbasis Android (Studi Kasus pada SMK Al Ikhlas Pangkalan Susu). Insan Cendekia Mandiri.

Garlis, S. C. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Berbasis Android Melalui Aplikasi Akuntansi Ukm Terhadap Motivasi Belajar (Studi Kasus SMA). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54691

Grant, M. M. (2015). Teaching and learning with mobile computing devices: Case study in K-12 classrooms. TechTrends, 59(4), 32–45. https://doi.org/10.1007/s11528-015-0869-3

Hafis, M., & Meliasari, R. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi pada Smartphone sebagai Media Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/339

Isman, A., Okra, R., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). Perancangan media pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani materi pencak silat berbasis augmented reality di smpn 1 koto xi tarusan kelas viii. JATI (urnal Mahasiswa) https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/6476

Isnaeni, A. R., & Isroah, I. (2021). Pengaruh Minat Belajar, Media Pembelajaran, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xii Ips Sma. Kajian Pendidikan Akuntansi. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/kpai/article/view/17663

Manasikana, A. (2017). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis android pada materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi untuk kelas XII akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21225

Merkouris, A. (2017). Teaching programming in secondary education through embodied computing platforms: Robotics and wearables. ACM Transactions on Computing Education, 17(2). https://doi.org/10.1145/3025013

Mohamed, H. (2018). Implementing flipped classroom that used an intelligent tutoring system into learning process. Computers and Education, 124, 62–76. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.011

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan game edukatif berbasis android sebagai media pembelajaran akuntansi pada materi jurnal penyesuaian perusahan jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/11364

Reinders, H. (2010). Twenty Ideas for Using Mobile Phones in the Language Classroom. Americanenglish.State.Gov.

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education, 31, 32–42. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) (5th ed.). Alfabeta.

Sun, J. (2014). Influence of polling technologies on student engagement: An analysis of student motivation, academic performance, and brainwave data. Computers and Education, 72, 80–89. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.010


Article Metrics

 Abstract Views : 103 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.