Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri

Emilya Susanti(1), Bukman Lian(2), Andi Rahman(3),
(1)   Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Palembang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v13i1.126956

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah ada pengaruh (1) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru; (2) proses pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja guru; dan (3) efektivitas kepemimpinan dan proses pengambilan keputusan secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kecamatan Banyuasin III; Jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis jalur. Sampel dipilih dengan teknik random sampling berjumlah 100 responden dari jumlah semua populasi 132 orang guru dari 3 SMA Negeri di Kecamatan Banyuasin III. Datanya adalah jenis data primer dengan penyebaran kuesioner/angket, kemudian dikumpulkan dan diolah menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis uji-F, uji-t dan koefisien determinasi R2. Uji validitasi instrumen menggunakan perhitungan korelasi Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Uji prasyarat analisis mengunakan uji normalitas, uji linieritas, dan multkolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh efektivitas kepemimpinan terhadap kepuasan kerja guru berdasarkan ,  (2) ada pengaruh pengambilan keputusan terhadap kepuasan kerja guru berdasarkan, dan ada pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan pengambilan keputusan secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kecamatan Banyuasin III berdasakan ,  atau nilai signifikan 0,000 < dengan persamaan regresi   = 1,922 + 0,785X1 + 0183X2. Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan pengambilan keputusan berpengaruh secara bersama-sama sebesar 47,8% terhadap kepuasan guru, sisanya 52,2% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang dianalisis.


Keywords


Kepemimpinan; Pengambilan Keputusan ; Kepuasan Kerja

References


Ahmed, I. (2010). Effects of Motivational factors on Employees Job Satisfaction: A case study of University of the Punjab, Pakistan. International Journal of Business and Management, 5(3). https://doi.org/10.5539/ijbm.v5n3p70

Amiruddin. (2013). Salinan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Pustaka Pelajar.

As’ad, M. (1995). Psikologi Perusahaan. Liberty.

Asmani, J. M. (2012). Tips menjadi Kepala Sekolah Profesional. Diva Press.

Janti, S. (2014). Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Apliikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta, 15 November 2014, ISSN : 1979-911X, 155–160.

Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Peneltian. PT. RajaGrafindo Persada.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2023). Statistik Parametrik Penenlitian Pendidikan (A. Margaretha & E. Harapan (eds.); V). NoerFikri.

Khaira, N., Yusrizal, Y., & Niswanto, N. (2022). Teacher Job Satisfaction Viewed from the Perspective of Work Motivation and Principal Performance. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 4883–4890. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1394

Kurniadi, R., Lian, B., & Wahidy, A. (2021). Visionary Leadership and Organizational Culture on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(3), 249–256. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i3.112

Latan, H., & Temalagi, S. (2013). Analisi Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan IBM SPSS 20,0. Alfabeta.

Lian, B. (2017). Kepemimpinan dan Kualitas Kinerja Pegawai (D. Wardiah & D. Nuzulia (eds.)). NoerFikri Offset.

Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of ProgressiveScience and Technologies (IJPSAT), 20(1), 135–143. https://doi.org/10.31958/jaf.v10i1.6007

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar-Personal. Prenadamedia Group.

Locke, E. A. (1976). The Nature and Causes of Job Satisfaction. In M.D. Dunnette (Eds.). Handbook of Industrial and Organizational Psychology, 1297–1349.

Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Pranadamedia Group.

Makiabadi, H. A., & Heydari, E. (2022). Structural Modeling of the Effect of Manager ’ s Management Skills on Teachers ’ Job Satisfaction. Journal of Management and Educational Perspective, 4(1), 33–52.

Marques, J., & Bucki, P. (2013). Lider (ka) z krwi i kości: Świadome przywództwo. Gdańskie Wydawnictwo Psychologiczne.

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Rajawali Pers.

Mensissusanto, M., Lian, B., & Putra, A. Y. (2021). The Influence of Principal Leadership and Work Motivation on Teaching Quality of Teachers in Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) Vocational School. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 319–332. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.129

Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2011). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Pustaka Setia.

Musfiqon, M., & Ismanto, H. (2015). Kepemimpinan Sekolah Unggul. Nizamia Learning Center.

Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. (1997). Human Resource Management : Gaining a Competitive Advantage (3rd Editio). McGraw-Hill Companies, Inc.

Nurhasan. (2020). Hubungan Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Teknoliogi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 82–98.

Parnawi, A. (2020). Optimalisasi Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan. Deepublish.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2012). Management (Eleventh E). Prentice Hall.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Organizational Behavior. Pearson Education, Inc.

Robiños, J. R., Perez, R., & Jonas, E. (2019). Higher LEAP: Learning Area Coordinators’ Leadership Approaches and Faculty Performance in a Philippine University. JPAIR Multidisciplinary Research, 35(1), 209–225. https://doi.org/10.7719/jpair.v35i1.659

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situasonal Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressiive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 135–143. https://doi.org/10.31958/jaf.v10i1.6007

Rusydiat. (2017). Kepuasan Kerja Guru terhadap Prestasi Kerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, XI(1), 43–52.

Schermerhorn, J. R. (2010). Organizational Behavior. John Wiley & Sons, Inc.

Sultoni, M., Lian, B., & Mulyadi. (2020). the Influence of School Based Management and Work Motivation Towards Teacher’S Performance. International Journal of Educational Review, 2(2), 183–191. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i2.10990

Syaidah, K., Sastradiharja, E. J., & Aisyatunnadiya, S. (2022). Pengaruh Manajemen Akademik dan Sistem Layanan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa STAI Al-Hamidiyah Kota Depok Jawa Barat. 4(3), 467–481.

Torang, S. (2013). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Alfabeta.

Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (p. 3). (2011). UII Press.

Usman, H. (2014). Manajemen :Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (4th ed.). Bumi Aksara.

Virgana, V. (2018). The Increasing Performance of School Principle Throught Remuneration, Personality, and Job Satisfaction. Internatonal Journal of Human Capital Management, 2(2), 45–59.

Wagner III, J. A., & Hollenbeck, J. R. (2009). Organizational Behavior: Securing Competitive Advantage. In Routledge is an imprint of the Taylor & Francis Group, an informa business This edition published in the Taylor & Francis e-Library, 2009. To.

Wegner, J. (2017). The Manifestations of Positive Leader Roles in Classical Theories of Leadership. Journal of Corporate Responsibility and Leadership, 3(3), 91. https://doi.org/10.12775/jcrl.2016.018

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Yukl, G. (2012). Leadership in Organizations (8th Editio). Prentice-Hall.

Yuniasanti, R., & Setyawan, F. B. (2016). Kepuasan Kerja pada Tenaga Penunjang Akademik Ditinjau dari Dukungan Sosial Rekan Kerja di Universitas Mercu Buana Yogyakarta Job Satisfaction in Academic Staff Based on Co- workers ’ Social Support at University of Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Psikogenesis, 4(1), 25–40.

Zhu, Y. (2012). A review of job satisfaction. Asian Social Science, 9(1), 293–298. https://doi.org/10.5539/ass.v9n1p293


Article Metrics

 Abstract Views : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.