Meningkatkan mutu pembelajaran melalui peran kepala madrasah dan guru

M. Arifky Pratama(1), Gustini Gustini(2), Budi Hartono(3), Yusri Yusri(4), Iin Permatasari(5), Ahmad Zubair(6),
(1) MTsN 1 Bengkulu Selatan  Indonesia
(2) Pengawas Madrasah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan  Indonesia
(3) Pengawas Madrasah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan  Indonesia
(4) SMP Negeri 4 Bengkulu Selatan  Indonesia
(5) MTsN 1 Bengkulu Selatan  Indonesia
(6) MTsN 2 Bengkulu Selatan  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125721

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini menginvestigasi pengaruh kinerja kepala madrasah dan guru terhadap mutu pembelajaran di MTs Swasta Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode survei penjelasan dengan pendekatan kuantitatif dan analisis jalur digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil menunjukkan bahwa kinerja kepala madrasah dan guru secara bersama-sama memberikan dampak positif dan signifikan pada mutu pembelajaran. Kinerja kepala madrasah, terutama keampuan, komitmen, dan motivasi, memiliki pengaruh positif yang signifikan. Rekomendasi peningkatan pelatihan kepala madrasah menjadi strategis. Kinerja guru, melibatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, juga memberikan kontribusi positif yang signifikan pada mutu pembelajaran. Rekomendasi difokuskan pada pengembangan kompetensi guru dan peningkatan motivasi. Sinergi antara kinerja kepala madrasah dan guru menyoroti pentingnya kolaborasi efektif dan implementasi kebijakan yang mendukung. Implementasi kebijakan ini melibatkan peningkatan sinergi, koordinasi yang baik dalam perancangan strategi pembelajaran, identifikasi kebutuhan siswa, dan evaluasi efektivitas metode pengajaran. Perlunya dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah, orang tua siswa, dan masyarakat, dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk peningkatan mutu pembelajaran. Perlu adanya pembinaan dan pelatihan untuk kepala madrasah dan guru dalam mengembangkan keterampilan manajemen, komunikasi, dan kepemimpinan guna mencapai sinergi yang optimal. Sinergi antara kepala madrasah dan guru bukan hanya strategi pendukung, melainkan juga landasan untuk meraih prestasi yang lebih baik dalam dunia pendidikan.


Keywords


Kinerja Kepala Madrasah; Mutu Pembelajaran; Kinerja Guru; Kompetensi Pedagogik

References


Abdurrahman., &. M. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Educatio 9(4).

Muhaemin, R. A. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Mathla'ul Huda. Jurnal Pendidikan 10(2).

Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan . el-Idarah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8(2).

Mundir, G. A. (2022). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Al-Iman Bulus Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. STAINU Purworejo: Jurnal As Sibyan Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar 5(1).

Nelly, N. (2022). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs. Swasta Sidikalang). Hikmah 19(1).

Nuraeni, S. &. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sekolah melalui Kinerja Guru di Sekolah Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General) 4(6).

Suardi., N. M. (2022). Inovasi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Mutu Guru Di MAN 2 Medan. Jurnal Universitas Dharmawangsa 16(3).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Pengembangan (R&D). Jakarta: Alfabeta.

Sumarsih, S. A. (2023). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar Di MTs Pelita Pesawaran. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan 2(5).


Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF Downloaded : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.