Implementasi pendidikan karakter disiplin dalam proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka: sebuah tinjauan studi kepustakaan

Darwin Erliansyah(1),
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Jambi  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i2.125664

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi pendidikan karakter disiplin dalam proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka serta dampaknya pada pembentukan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dengan pendekatan sistematis yang mencakup pencarian data dari berbagai sumber terkait. Teknik pengumpulan data melibatkan analisis artikel jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber informasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengidentifikasi pola-pola utama dan sintesis temuan-temuan utama dari sumber-sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dalam Pramuka berkontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa, termasuk peningkatan tanggung jawab, kerja sama, dan integritas. Dalam konteks pendidikan di sekolah, pendidikan karakter disiplin yang terintegrasi dengan baik dalam kurikulum formal memiliki dampak positif dalam mengembangkan sikap disiplin siswa. Selain itu, Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler membantu siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai disiplin melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial.


Keywords


Pendidikan Karakter; Karakter Disiplin; Pramuka; Pembentukan Karakter; Kegiatan Ekstrakurikuler

References


Arumsari, R. Y., Damayani, A. T., & Budiman, M. A. (2023). Analisis Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Penggalang di SDB Kembangarum 02 Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, Vol. 3, pp. 679–689. Universitas PGRI Semarang.

Ayunina, K., Mashudi, M., Atmaja, T. S., Bistari, B., & Dewantara, J. A. (2023). Penanaman Nilai Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 7. LPPM IKIP PGRI Pontianak.

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2020). Systematic Review: Meta-Sintesis untuk Riset Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Vivavictory.

Haqye, N. E., & Sulastri. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Kegiatan Pramuka. Journal of Education and Culture, Vol. 2, pp. 57–63. Indra Institute.

Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, Vol. 9, p. 160. Universitas PGRI Madiun.

Muhaemin, M., & Ihwah, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Religius Pada Anggota Pramuka. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4, p. 111. LP2M IAIN Ambon.

Muslimin, M., Misdah, M., & Wahab, W. (2021). Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Pramuka Untuk Peningkatan Disiplin Siswa. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 1, pp. 12–19. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Nurhaqim, M., & Subando, J. (2023). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Ibadah melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 6, pp. 10571–10577. Ainara.

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. John Wiley & Sons.

Prasetyo, D., & Indriani, W. (2019). Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Budaya Disiplin. Jurnal Pendidikan Karakter. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, Vol. 2, pp. 62–70. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Sa’diyah, H. (2022). Koordinasi Kepemimpinan dalam Ma’had Darul Qur’an 2 Desa Sisir Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, p. 243. STAI Mahad Aly Al-Hikam Malang.

Saona, S. (2022). Implementasi Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Anggota Gerakan Pramuka MAN 3 Kabupaten Cirebon Buntet Pesantren. Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, Vol. 1, pp. 18–26. Publikasiku Publisher.

Syafiudin, M., & Purwono, A. (2022). Peran Ekstra Kurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, Vol. 2, pp. 28–39. STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang.


Article Metrics

 Abstract Views : 155 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.