Optimalisasi Mutu Pendidikan melalui Kepemimpinan Inovatif

Erna Kusumawati(1),
(1) Universitas Muhamadiya Prof. Dr. HAMKA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122759

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penemuan meningkatnya mutu pendidikan karena faktor kepemimpinan yang inovatif dalam pendidikan. Penulisan ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka untuk menggali informasi dari berbagai sumber di SDN Sudimara 13 Kota Tangerang. Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan yang diajukan peneliti di atas maka peneliti sebelumnya melakukan pra-riset dan riset secara mendalam dengan menggunakan metode interview terstruktur guna mendapatkan data-data yang diharapkan. Metode sesungguhnya merupakan cara untuk pengumpulan data atau informasi melalui tatap muka antara pihak penanya (interviewer) dengan pihak yang ditanya atau penjawab (interviewer). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Sudimara 13 Kota Tangerang telah melaksanakan kepemimpinan inovatif dalam meningkatkan mutu pendidikan.


Keywords


Kepemimpinan Inovatif; Mutu Pendidikan

References


Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Alsolami, H. A., Guan Cheng, K. T., & M. Ibn Twalh, A. A. (2016). Revisiting Innovation Leadership. Open Journal of Leadership, 05(02), 31–38. https://doi.org/10.4236/ojl.2016.52004

Fitrah, P. F., Hairunnisa, H., Ayuningtyas, I., & Anantia, T. D. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Inovatif dalam Mengoptimalkan Mutu Pendidikan. Alsys: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 168–177. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.33

Komariah, A. dan C. T. (2010). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara.

Kozioł-Nadolna, K. (2020). The Role of a Leader in Stimulating Innovation in an Organization. MDPI: Adminsitrative Science, 10(59), 1–18. https://doi.org/10.34203/jimfe.v7i1.2981

Mushthofa, A., Muqowin, M., & Dinana, A. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMK Cendekia Madiun. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 72–87. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p72-87

Wahjosumidjo. (2001). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.

Zenger, J., & Folkman, J. (2014). Research: 10 Traits of Innovative Leaders. Harvard Business Review, 1–5.


Article Metrics

 Abstract Views : 196 times
 PDF Downloaded : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.