Optimalisasi Mutu Pendidikan melalui Kepemimpinan Inovatif
(1) Universitas Muhamadiya Prof. Dr. HAMKA  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122759
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penemuan meningkatnya mutu pendidikan karena faktor kepemimpinan yang inovatif dalam pendidikan. Penulisan ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka untuk menggali informasi dari berbagai sumber di SDN Sudimara 13 Kota Tangerang. Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan yang diajukan peneliti di atas maka peneliti sebelumnya melakukan pra-riset dan riset secara mendalam dengan menggunakan metode interview terstruktur guna mendapatkan data-data yang diharapkan. Metode sesungguhnya merupakan cara untuk pengumpulan data atau informasi melalui tatap muka antara pihak penanya (interviewer) dengan pihak yang ditanya atau penjawab (interviewer). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Sudimara 13 Kota Tangerang telah melaksanakan kepemimpinan inovatif dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Keywords
References
Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Alsolami, H. A., Guan Cheng, K. T., & M. Ibn Twalh, A. A. (2016). Revisiting Innovation Leadership. Open Journal of Leadership, 05(02), 31–38. https://doi.org/10.4236/ojl.2016.52004
Fitrah, P. F., Hairunnisa, H., Ayuningtyas, I., & Anantia, T. D. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Inovatif dalam Mengoptimalkan Mutu Pendidikan. Alsys: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 168–177. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.33
Komariah, A. dan C. T. (2010). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara.
Kozioł-Nadolna, K. (2020). The Role of a Leader in Stimulating Innovation in an Organization. MDPI: Adminsitrative Science, 10(59), 1–18. https://doi.org/10.34203/jimfe.v7i1.2981
Mushthofa, A., Muqowin, M., & Dinana, A. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMK Cendekia Madiun. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 72–87. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p72-87
Wahjosumidjo. (2001). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.
Zenger, J., & Folkman, J. (2014). Research: 10 Traits of Innovative Leaders. Harvard Business Review, 1–5.
Article Metrics
Abstract Views : 196 timesPDF Downloaded : 82 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.