Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Memperingati Bulan Bahasa Melalui Kegiatan Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di SMAN 3 Kota Serang

Nurul Anriani(1), Mulki Siti Hajar Rezaini(2),
(1) Universitas Sultan Agung Tirtayasa  Indonesia
(2) Universitas Sultan Agung Tirtayasa  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122758

Full Text:    Language : en

Abstract


Bulan bahasa dan sastra diselenggarakan tepatnya pada tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Salah satu isi Sumpah Pemuda adalah menetapkan bahasa resmi Bangsa Indonesia yaitu Bahasa Indonesia. Untuk memperingati bulan Bahasa tahun ini SMA Negeri 3 Kota Serang menyelenggarakan kegiatan Literasi dengan acara yang kreatif yaitu dengan menggelar berbagai kegiatan literasi seperti lomba debat bahasa Indonesia, kuis bahasa Inggris antar kelas dan lomba membuat karya pojok baca di setiap ruang kelas masing-masing. peringatan Bulan Bahasa bertujuan untuk membina dan mengembangkan, bahasa dan sastra Indonesia, serta bertekad memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian evaluatif merupakan suatu desain dan prosedur evaluasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematik untuk menentukan nilai atau manfaat dari suatu praktik (pendidikan). Metode penelitian deskriptif kualitatif biasanya mencakup wawancara dan observasi, tetapi mungkin juga termasuk studi kasus, survei, dan analisis historis dan dokumen. Waktu pelaksanaan bulan bahasa di SMAN 3 Kota Serang dilakukan pada tanggal 25 Oktober 2022 dengan perincian kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi.

 


Keywords


Evaluasi; Gerakan Litearsi Sekolah; Bulan Bahasa; Pojok Baca; Minat Membaca

References


Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Vol. 3 No. 1. JPGSD. Universitas Ageng Tirtayasa.

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1. 302

Kemendikbud. (2016). Gerakan Literasi Sekolah.

Nunuk, H., Syunu, T., & Haq, M. S. (2018). Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Islamic Education Management, 4(1), 91–104. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Elidare

Widayoko, A.,& Muhardjito, M.2018. Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation.Jurnal Tatsqif, 16(1), 78-92. W

Wirawan. 2014. Evaluasi Teori Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional

Yuliani, W. (2018). Penelitian Metode Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. EJournal.Stkipsiliwangi.Ac.Id/, 2, 9.


Article Metrics

 Abstract Views : 361 times
 PDF Downloaded : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.