Pengembangan instrumen tes berbasis kearifan lokal Kesenianku Rampak Bedug untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII

Attin Farrini Cahyahatini(1), Sjaifuddin Sjaifuddin(2), Annisa Novianti Taufik(3),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122739

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen tes berbasis kearifan lokal yang valid sebagai alat evaluasi untuk melatih keterampilan literasi sains siswa SMP. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Developmet dengan model 4D Thigaradjan, yang dibatasi sampai tahap development. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi analisis ujung depan (kebutuhan permasalahan), desain rancangan awal, uji validasi desain, dan revisi desain produk. Subjek penelitian ini adalah dosen IPA sebagai ahli evaluasi dan Guru IPA sebagai ahli praktisi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.  Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu berupa 20 butir soal berbasis kearifan lokal dengan bentuk 3TMC yang memiliki kevalidan dengan persentase sebesar 94,12% “Sangat Valid” sehingga disimpulkan bahwa produk instrumen tes ‘Kesenianku Rampak Bedug’ telah memiliki kevalidan yang dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran untuk melatih keterampilan literasi sains siswa SMP.


Keywords


Literasi Sains; Instrumen Tes; Kearifan Lokal

References


Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.

Arum, N.E., Sjaifuddin, S., & Taufik, A.N. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 270-279.

Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L.T. (2022). Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 113-119.

Dachliyani, L. (2020). Instrumen yang Sahih: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat. Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/721

Departemen Pendidikan Nasional. (2018). Panduan Penulisan Butir Soal. 1–40. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

El Islami, R. A. Z., Sari, I. J., Sjaifuddin, S., Nurtanto, M., Ramli, M., & Siregar, A. (2019). An Assessment of Pre-service Biology Teachers on Student Worksheets Based on Scientific Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012068

Kunanti, E. S. (2020). Penyusunan Pengembangan Penilaian Berbasis HOTS. Prosiding Seminar Nasional, 1, 19–26. http://digilib.unimed.ac.id/41215/1/Fulltext.pdf

Majir, A. (2021). Teknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Madrasah. March, 1–19. http://repository.unikastpaulus.ac.id/1023/1/TEKNIS%20PENYUSUNAN%SOAL

Muzaffar, A. (2016). Validitas Tes dan Kualitas Butir Soal. LISANUNA, 5(1), 128–143. http://dx.doi.org/10.22373/l.v5i.859

Nurfauziyah, N., Sjaifuddin, S., & Taufik, A.N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall Pada Tema Siaga Bencana Untuk Kelas VIII SMP. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA 8(1), 15-23.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Rofi, S., & Fatkurochman, H. (2021). Penyusunan Soal Terintegrasi Kisi-kisi Soal Berbasis Aplikasi Sederhana Bagi Guru di MTs Baitul Arqom. ABDI Indonesia, 1(1), 23–30.

Septiani, A. D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. Biodik, 8(1), 167–174. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17305

Suwartono. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri Di Kecamatan Purwokerto Selatan. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13–22.

Taufik, A. N., Berlian, L., Fathia, A., & Rasyidin, E. Y. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains pada Tema Yuk Makan Talas Beneng untuk Calon Guru IPA. Jurnal Aksioma, 11(September), 141–150.

Wibowo, T., & Ariyatun, A. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Edusains, 12(2), 214–222. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.16382


Article Metrics

 Abstract Views : 521 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.