Analisis Deskriptif Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun pada Siswa

Ema Sukmawati(1), Rustam Rustam(2),
(1) IKIP PGRI Pontianak  Indonesia
(2) IKIP PGRI Pontianak  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122688

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap sopan santun siswa dengan memberikan gambaran pemahaman terhadap siswa-siswi di Sekolah Menengah Pertama Walisongo Pontianak. Bentuk penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah studi survei. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII A sampai C sebanyak 96 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan pendapat Suharsimi Arikunto sampel yang diambil sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu panduan wawancara, skala psikologis dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dari data observasi kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan perindividu dapat dilihat adanya peningkatan dari sebelum dilaksanakan bimbingan dengan setelah dilaksanakan bimbingan.F, SA, dan DT mengalami peningkatan dengan persentase 71,4 % dengan kategori baik. Sedangkan CU, SW, dan PRMP mengalami peningkatan dengan persentase 85,7 % dengan kategori sangat baik. Persentase peningkatan kepercayaan diri siswa sesudah diberikan bimbingan perindividu (terlampir) W, PR, dan AMS  mengalami persentase peningkatan sebesar 42,9%, CA dan DA mengalami peningkatan sebesar 57,2%, dan DX mengalami peningkatan sebesar 28,6%.


Keywords


Analisis deskriptif; upaya meningkatkan sopan santun; siswa

References


Akbar, Husaini, U., & Purnomo, S. (2011). Metodologi Penelitian Sosial.

Antoro, D. S. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Terbuka.

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27–36.

Hariwijaya, M., & Triton, P. B. (2011). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi dan Tesis. Jakarta Selatan.

Hudi, I. (2017). Pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral pada siswa smp negeri kota Pekan baru berdasarkan pendidikan orang tua. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 30–44.

Mannan, A. (2017). Pembinaan moral dalam membentuk karakter remaja (Studi kasus remaja peminum tuak di Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu). Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 3(1), 59–72.

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan moral di kalangan remaja: Sebuah penelitian mengenai parenting styles dan pengajaran adab. Unisia, 37(82), 18–30.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif: (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). Penerbit Alfabeta.

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112–124.

Winkel. (1986). Psikologi Pengajaran. Grasindo.

Zakaria, I. (2016). Penanaman Sikap Sopan Santun Melalui Keteladanan Guru Di Smp Negeri 1 Buduran Kabupaten SidoarjO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(4).


Article Metrics

 Abstract Views : 659 times
 PDF Downloaded : 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.