Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Paket A

Yekti Wulancahyani(1), Gunarti Dwi Lestari(2), Wiwin Yulianingsih(3),
(1) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(2) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(3) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122431

Full Text:    Language : id

Abstract


Kondisi orang tua bekerja membuat komunikasi dengan sekolah tidak maksimal. Keterlibatan orang tua dalam program-program yang dilaksanakan seperti parenting masih sangat minim. Tujuan dari penelitian yaitu ingin mengetahui hubungan home visit dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik paket A di PKBM Homeschooling Primagama Denpasar. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik paket A di PKBM Homeschooling Primagama Denpasar yang berjumlah 72 orang. Sampel adalah bagian dari populasi yang akan diteliti. Pada penelitian ini terdapat 2 variabel bebas yaitu home visit (X1) dan motivasi belajar (X2). Pada penelitian ini variabel terikatnya adalah prestasi belajar peserta didik (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang terdiri dari pernyataan yang disesuaikan dari variabel penelitian yaitu home visit dan motivasi belajar. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai rapor semester genap dari masing-masing sampel pada penelitian ini. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan sebagai berikut, 1) Terdapat pengaruh signifikan home visit terhadap prestasi belajar peserta didik paket A di PKBM Homeschooling Primagama Denpasar sebesar 15.1% dengan arah pengaruh positif. Pelaksanaan home visit menyelesaikan permasalahan yang dihadapi peserta didik, sehingga diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan prestasi belajarnya. 2) Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik paket A di PKBM Homeschooling Primagama Denpasar sebesar 22,3% dengan arah pengaruh positif. Sebagian besar peserta didik sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi. 3) Terdapat pengaruh signifikan home visit dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik paket A di PKBM Homeschooling Primagama Denpasar sebesar 37,4%. Pengaruh motivasi belajar lebih dominan dibandingkan pengaruh home visit terhadap prestasi belajar

Keywords


home visit; motivasi belajar; prestasi belajar; homeschooling; manajemen pendidikan

References


Amalia, H. (2016). Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT Al-Azhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 77–106.

Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125.

Arini, N. K. S., & Fakhrurrozi, M. (2008). Pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas II SMA negeri 99 Jakarta. Unpublished Laporan Penelitian. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Cahyani, A., & Atmaja, K. (2021). The Role of Parents in Monitoring the Negative Impacts of Gadget Usage for Early Childhood during Covid-19 Pandemic Era. International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 1105–1116. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.194

Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi, H. (2018). Pengaruh home visit dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(1).

Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif). Nizamia Learning Center.

Ginanjar, M. H. (2017). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Kayatun, S., & Kresnadi, H. (2014). Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4).

Kusumawaty, I. K., Sartika, D., Wulandari, D. K., Susanto, W. H. A., Purba, R., & Surani, V. (2022). Konsep Dasar Keperawatan. Global Eksekutif Teknologi.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat, Y. (2019). Faktor-Faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aircraft drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Panjaitan, G. Y. (2021). Implementasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Melaksanakan Kunjungan Rumah pada Layanan Konseling Individu di SMP Negeri 7 Tanjungbalai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Roesli, M., Syafi’i, A., & Amalia, A. (2018). Kajian islam tentang partisipasi orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 332–345.

Salamah, Q. A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Wedung Demak. IAIN Kudus.

Sholeh, A. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid–19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 80–89.

Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Suseno, M. N. (2013). Efektivitas pembentukan karakter spiritual untuk meningkatkan optimisme terhadap masa depan anak yatim piatu. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 5(1), 1–24.


Article Metrics

 Abstract Views : 194 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.