Penerapan Literasi Terintegrasi Membaca Al- Qur’an dengan Proses Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang

Fetrimen Fetrimen(1),
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.121781

Full Text:    Language : id

Abstract


Penanam karakter di madrasah dilakukan dengan berbagai kegiatan diantaranya gerakan literasi secara masif dengan tujuan memberikan penguatan pada peserta didik untuk memahami nilai pada setiap proses pembelajaran, misal, membaca alqur’an sebelum memulai pelajaran inti di madrasah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai yang terkandung di al-qur’an. Kegiatan literasi dilakukan dengan wajib membaca ayat al-qur’an selama 15 menit sebelum proses pembelajaran inti di mulai sebagai upaya menumbuhkembangkan semangat dan gairah peserta didik untuk memahami ayat-ayat al-qur’an. Pendidik mengawasi kefasihan dan menilai tentang pemahaman peserta didik dalam membaca ayat-ayat alqur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik penerapan Discrepancy Evaluation Mode (DEM) merujuk pada kecocokan antara program kegiatan literasi terintegrasi dengan acuan dan sarana prasarana yang tersedia. Penelitian ini menggunakan berbagai strategi dan teknik menggunakan data kualitatif berdasarkan pada hasil observasi, wawancara kepada Kepala Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang, dokumentasi dan sebaran instrument wawancara pada pendidik dan peserta didik tentang penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi tentang penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan literasi terintegrasi membaca alqur’an dengan proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal karena beberapa kriteria yang belum tercapai seperti adanya kesenjangan pemahaman antar pendidik dalam membaca ayat-ayat alqur’an dan pengadministrasian penilaian hasil bacaan peserta didik belum maksimal sesuai tujuan program literasi yang diharapkan. Belum ada upaya yang optimal dalam mengevaluasi peserta didik yang belum mampu membaca al-qur’an dengan baik.

Keywords


Literasi; Pembelajaran; Integrasi

References


Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Anggraeni, Poppy dan Aulia Akbar, (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar. Jurnal Pesona Dasar : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala Vol.6 No. 2 ,Oktober 2018 , P- Issn: 2337-9227 e- ISSN 2715 6664.

Bruin, L. R., (2018). Dialogical Communication in One-to-One Improvisation Lessons. Australian Journal of Teacher Education.

Dewantara, (2015). Gerakan Literasi sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Edi, Rodi Maefa, Eka Haryani dan Eka Ad’hiya, (2021). Need analysis for the development of chemical literation integrated problem-solving module. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 13 | No. 1 |48 - 53| April | 2021 ISSN: 2085-3653| e-ISSN: 2549-3116. https://doi.org/10.24114/ jpkim.v13i1.24143

Erniasari, Ririn. (2014). Kemampuan Literasi Informasi pada Komunitas Gooreads Indonesia Regional Surabaya. Surabaya: Univ.Airlangga, Jurnal.

Hanafy, Muh. Sain. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1. p-ISSN 1979-3472 e- ISSN 280-2523. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17 n1a5

Hasan, Muhammad, Gusti Yarmi dan Sarkadi, (2019). Pengaruh Integrasi Pembelajaran Literasi Dan Kemampengaruh Integrasi Pembelajaran Literasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar "Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21" Universitas negeri Jakarta.

Hanurani, Hikmawati (2020). Integrasi Literasi Informasi Pada Pendidikan Dan Pelatihan Jarak Jauh Pendalaman Materi Biologi Madarasah Aliyah. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains Vol 10, No 01, November 2020 e-ISSN: 2549-1597 p-ISSN: 2089-1776. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1874-1888

Haryati, Sri Purwani dan Rosanih, (2020). Integrasi Inquiri dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Madrasah dan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Sains : Universitas Indrapasta

Hazmi, Nahdatul, (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 2, Nomor 1, Juni 2019 e-ISSN : 2614-8617p-ISSN : 2620-7346

Husna, Nurya Maulida, Isnarto, Amin Suyitno dan Ali Shodiqin (2022). Integrasi Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), Vol. 5 No. 1 (2022).

Iskandar, Syahrullah, (2016). Studi Alquran Dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati P- ISSN 25273213 e- ISSN 2502 3489

Junaedi, Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh) ISSN: 2598-8719 (Online) ISSN: 2598-8700 ( Printed) Vol. 3 No.2 Mei 2019

Kusuma, Chusnu Syarifa Diah, (2018). Integrasi Bahasa Inggris Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus 2018, Vol. XV No. 2, ISSN 1412-1131, e-ISSN 2528-5750

Listyorini, T. M. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Madonna, M., Aryadillah, A., & Reza, F. (2019). Urgensi Penguatan Literasi Media Bagi Remaja Menyikapi Hoaks di Media Sosial serta Pemanfaatan Media Digital di Karang Taruna di Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi, Jawa Barat.

Mubarok, (2018). Menumbuhkembangkan Budaya Literasi, Jurnal, Analtyca Islamica: vol.7. no.1, Januari-Juni 2018.

Mujib, Ahmad (2018).Literasi Dalam Al-Quran Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Epistemologi Ilmu Pendidikan Islam. www.ahmadmujib.web.id/search/label/ Literasi?m=1?&max-results=6

Mukti, Fajar Dwi, (2018). Integrasi Literasi Sains Dan Nilai-Nilai Akhlak Di Era Globalisasi. Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol.1 No. 2, Desember 2018, p-ISSN:2622-3902. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.18

Nugraha, Muldiyana, (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Islam Negeri Banten Vol. 4 No. 01, Juni 2018, p-ISSN 2442-8809 e-ISSN 2621-9549.

Nurdiyana, N., Alinurdin, A., Hayati, E., & Rahmadi, I. F. (2020). Penguatan Literasi Informasi dan Media Digital Remaja Generasi Milenial. ABDI LAKSANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).

Pendidikan Dasar Dan Menengah Kemendikbud Republik Indonesia, (2016). Buku Saku Gerakan Literasi. Jakarta: Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pendidikan Dasar Dan Menengah Kemendikbud Republik Indonesia (2016). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah/GLS, hal.7. Jakarta: Dirjen Pend.Dasar dan Menengah.

Pendidikan Dasar Dan Menengah Kemendikbud Republik Indonesia, (2016). Disain Induk Gerakan Literasi Sekolah, ISBN: 978-602-1389-15-7.

Pendidikan Dasar Dan Menengah Kemendikbud Republik Indonesia (2016). Buku Pedoman Program Literasi. Jakarta: Kemendikbud.

Prihastari, Ema Butsi dan Ratna Widyaningrum, (2021). Integrasi Budaya Lokal Dalam Pengembangan LKPD Untuk Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 2021, Vol. 7 No. 1, ISSN (Print): 2443-1435 || ISSN (Online): 2528-4290. https://doi.org/10.30653/003.202171.155

Ramadanti, Ewita Cahaya (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu Vol. 4 no. 1, 2020 2597-7121 (media cetak). 2580-8826 (media online)

Ramadhan, M. R. (2019). Integrasi Nilai Islam Moderat dalam Pendidikan Islam untuk Menguatkan Harmoni Sosial Keagamaan pada Masyarakat Plural. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ ancoms/article/view/283

Samsiyah, Nur, (2017), Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Literasi Di Kelas Awal Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Membangun Literasi di Sekoah Dasar Menuju Indonesia 2045”. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Setyaningsih, R. (2019). Model Penguatan E-dakwah di Era Disruptif melalui Standar Literasi Media Islam Daring. TSAQAFAH: Jurnal Peradaban Islam, 15(1), 67–82. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i1.2947

Sinyanyuri, Sonya, Erry Utomo, Mohamad Syarif Sumantri, Vina Iasha (2022). Literasi Sains dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Integrasi Bahasa dalam Pendidikan Sains. Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2286

Sumantri, E. (2017). Pendidikan Nilai Kontemporer. Bandung: Program Studi PU Universitas Pendidikan Indonesia.

Situmorang, Risya Pramana, (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Satya Widya Universitas Kristen Satya Wacana. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56

Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Bali: Jurnal: Karangasem.

Suryaman, M. (2017) Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (PIRLS). Jurnal FBS Universitas Negeri Yogyakarta

Sya’bani, M. A. Y., Sejati, Y. G., & Fatmawati, A. F. (2020). Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Wasaṭiyyah melalui Budaya Moderasi Beragama sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kerukunan dan Toleransi Umat Beragama di Kebomas Gresik. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2)

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktik, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Turhusna, Dalila dan Saomi Solatun. (2020). Perbedaan Individu dalam Proses Pembelajaran. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2, Nomor 1 Maret 2020


Article Metrics

 Abstract Views : 989 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.