Pengaruh Iklim Kerja dan Kompensasi terhadap Loyalitas Guru Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Cakung, Jakarta Timur

Fitrie Anggraeni(1), Lolita Purnama Dewi(2),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.121381

Full Text:    Language : id

Abstract


Guru merupakan tenaga pendidik yang utama dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Loyalitas guru merupakan salah satu faktor penentu dalam manejemen mutu pendidikan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kompensasi dan Iklim Kerja terhadap Loyalitas Guru Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Penelitian dilakukan pada enam Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Cakung dengan melibatkan 104 Guru. Penelitian ini menggunakan penelitian survei-korelasi. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dan teknik analisis menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Kompensasi berpengaruh langsung positif sebesar 57,6% terhadap Loyalitas Guru dengan nilai pengaruh sebesar 0,627 termasuk dalam kategori kuat. (2) Iklim kerja berpengaruh langsung positif 41,0% terhadap Loyalitas Guru dengan nilai pengaruh sebesar 0,759 termasuk dalam kategori kuat. (3) Iklim Kerja berpengaruh langsung positif sebesar 62,1% terhadap Kompensasi dengan nilai pengaruh sebesar 0,641 termasuk dalam kategori kuat. Kesimpulan penelitian ini, bahwa peningkatan loyalitas guru ditentukan oleh iklim kerja yang kondusif, aman, serta nyaman tempat guru bekerja. Selanjutnya peningkatan loyalitas kerja guru ditentukan pula dengan kompensasi yang baik. Perbaikan iklim kerja juga sangat berdampak kepada kompensasi, dikarenakan iklim kerja yang baik pun merupakan salah satu bentuk kompensasi yang berdampak dengan peningkatan loyalitas guru di wilayah Kecamatan, Cakung, Jakarta Timur


Keywords


teacher loyalty, compensation, work climate

References


Gunawan, Y. M. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Disiplin Kerja terhadap Loyalitas Guru (Survei Pada Guru di Sekolah Dasar Negeri Kota Tangerang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 447–452.

Idham. (2019). PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP LOYALITAS KERJA GURU DI MTS DARUNNAJAH JAKARTA. Uinjkt.Ac.Id, Agustus.

Rapti, D. (2015). School Climate as an Important Component in School Effectiveness. Academicus International Scientific Journal, 8(69), 110–125. https://doi.org/10.7336/academicus.2013.08.06

W, M. A. D. I., Armanu, A., & Sudjatno, S. (2017). the Effect of Direct and Indirect Compensation To Motivation and Loyalty of the Employee. Jurnal Aplikasi Manajemen, 15(1), 25–32. https://doi.org/10.18202/jam23026332.15.1.04

Wahyono, I. (2019). Mengembangkan Iklim Organisasi Di Sekolah Dengan Menggunakan Model Tagiuri. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 61–72. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.638

Yulianto, A., & Martina, D. (2018). Hubungan iklim organisasi dan loyalitas karyawan pada sebuah perusahaan e-commerce di Jakarta. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 16(1), 29–36. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/jpsi.v16i1.27


Article Metrics

 Abstract Views : 183 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.