Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar

Nina Yasinta Ololah(1), Nirma Pauweni(2), Rusni Hamdata(3), Frenatta Pasi(4),
(1) Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Kotamobagu  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Kotamobagu  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Kotamobagu  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Kotamobagu  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.121261

Full Text:    Language : id

Abstract


Peneltian ini bertuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru di SDIT An – Nahl Kotamobagu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survey. . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Guru yang ada di SDIT An – Nahl Kotamobagu sebanyak 27 orang. teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random atau acak sampel dalam penelitian ini subyeknya kurang dari 100, maka di ambil semua. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah kuesioner dan dokumentasi. Instrument yang digunakan di penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik inferensial. uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji syarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, heteroskedastisitas. Kemudian uji hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menyebutkan kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru dilihat pada besarnya koefisien determinasi yaitu 0,215 yang berarti kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru sebesar 21,5% dan sisanya 78,5 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pengaruh tersebut signifikan karena nilai probabilitas adalah 0,015 <  α 0,05.


Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Mengajar; Guru Sekolah Dasar

References


Abidin, Z., & Widagdo, S. (2009, November). Studi literatur tentang lingkungan kerja fisik perkantoran. In Dalam Seminar Nasional V SDM Teknologi Nuklir Yogyakarta (Vol. 5).

Algifari, A. (2000). Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi. Penerbit BPFE Yogyakarta.

Arifin, B. D. M. (2012). Instrumen Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Burhanudin. (2007). Analisis Administrasi Manjemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara

Departemen Agama Republik Indonesia. (1998). Al – Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: PT. Thoha Putra

Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depniknas. (2015). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Direktorat tenaga kependidikan Administrasi dan Pengelolaan Sekolah. (2008). Jakarta: Direktoran tenaga kependidikan, Dirjen, PMPTK, DEPDIKNAS

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish

Djamarah, S, B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fachrudi, S. I., & Tahalele, J. F. (1996). Mengatur Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fathurahman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama

Ghozali dan Iman. (2009). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BADAN PENERBIT Universitas Diponegoro

Hartani, A. L. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang

Hikmah, A. N., & Putri, F. W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sd Al-Irsyad Kota Sorong. MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 51-61.

Jazuli, A. S. (2006). Kehidupan dalam pandangan al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Kosim, M. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(01), 30-38.

Muhassanah, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Banyumas. Jurnal Utile, Vol.6, No.2

Mulyasa. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Natawijaya, R.(2006). Peran Guru dalam Bibingan di Sekolah. Bandung: CV. Abardin

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nyongesa., Pius, L. (2014). Head Teachers leadership style on school Academie Performance in Kenyan Secondary schools. University Of Nairobi School Of education Psychologi department

Rahayu, L., Bustanur, B., & Alhairi, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Mi’rajul Ulum Teluk Beringin Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Jom Ftk Uniks (Jurnal Online Mahasiswa Ftk Uniks), 3(1), 109-117.

Rama, P., Kurniawan, W. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 20 Pekanbaru”, Jurnal Psikologi Islam, Vol.4, No.1

Ridwan. (2006). Metode dan Teknik Penyusunan Skripsi. Bandung: IKAPI

Rusyam, H.A, T. (2013). Profesionalisme Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Pustaka Dinamika

Sahabuddin. (2007). Ensiklopedi Al-Qur’an, kajian kosa kata. Jakarta: Lentera Hati

Samsudin dan Sadili. (2006). Manajemen Sumber Daya. Bandung: pustaka Setia

Saud, U. S. (2013). Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta

Singarimbun. (1987). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Sobry, S. (2012). Manajemen Pendidikan. Lombok: Holistika

Sudjana, N. (2002). Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif & R&D. Bandung: Alfabeta

Syukur, I. (2015). Kriteria Pemimpin Teladan dalam Islam. Lampung: Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penilaian dan Pengabdian kepada Masyarakat IAIN Raden Intan

Trisrina, D.N dan Widagdo, S. (2019). Kepemimpinan dan Kinerja. Jember: Wade Group

Warjosumirdjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Pesrada

Widagdo, S., Maulyda, M. A., & Rachmaningsih, E. K. (2020). (Buku) Penilaian Kinerja, Budaya Kerja & Kepemimpinan: Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru.

Yunus, A. A. S. P., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625-3635


Article Metrics

 Abstract Views : 803 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.