Konstribusi Alumni Terhadap Pengelolaan Pendidikan Islam di Pesantren Modern Assalaam Putri Sukabumi

Asep Dawami(1), Endin Mujahidin(2), Nesia Andriana(3),
(1)   Indonesia
(2) Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor  Indonesia
(3) Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.120691

Full Text:    Language : id

Abstract


Abstrak

Kontribusi alumni dalam lembaga pendidikan sangat penting untuk menjaga hubungan baik antara almamater dengan alumninya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kontribusi alumni terhadap pengelolaan pendidikan Islam di Pesantren Assalaam Putri Sukabumi, (2) Bagaimana evaluasi pengelolaan organisasi Ikatan Keluarga Pendok Modern Assalaam. Penelitian dilakukan dengan model pendekatan kualitatif berdasarkan studi kasus sebagai bentuk dari jenis penelitian. Informan penting dalam penelitian ini melibatkan Ketua Tarbiyatul Muallimin Islamiyah (TMI), Ketua bidang Alumni serta informan tambahan yaitu guru dan alumni. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara, observasi lapangan dan penyebaran quisioner. Reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian. Kesimpulan penelitian ini mencakup 1) penetapan alumni yang mengabdi di Pesantren Assalaam Putri berdasarkan nilai potensi akademik dan keterampilan (skill). Penghargaan bagi alumni berprestasi (alumni award) yaitu beasiswa S1 baik di dalam negeri maupun luar negeri. Alur kontribusi alumni berdasarakan prinsip manajemen mulai dari perencanaan, pengelolaan, pergerakkan dan pengawasan. Kontribusi alumni meliputi kegiatan praktik mengajar, keorganisasian, kepramukaan, bimbingan praktik ceramah dalam tiga bahasa, melatih jiwa interpreneurship dalam kegiatan ekonomi dan travel, praktik kesehatan di klinik, keterlibatan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan keadministrasian di tata usaha 2) Kegiatan alumni dikelola dalam wadah organisasi bernama Ikatan Keluarga Pondok Modern Assalaam (IKPMA). Hasil monitoring dan evaluasi bahwa IKPMA belum optimal dari pendataan jumlah alumni karena belum tersedianya sistem tracer study alumni dan lebih banyak konsentrasi pesantren terhadap kegiatan santri yang masih aktif belajar.

 

Kata Kunci: Kontribusi; Alumni; Sumber Daya Manusia


Keywords


Alumni; Kontribusi; Sumber Daya Manusia

References


Badrudin, b. (2014). Manajemen peserta didik (1 ed.). Indeks.

Damanhuri, a., mujahidin, e., & hafidhuddin, d. (2013). Inovasi pengelolaan pesantren dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. Ta’dibuna: jurnal pendidikan islam, 2(1), 17.

Hamalik, o. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Remajaa rosdakarya.

Harahap, s. (2017). Implementasi manajemen syariah dalam fungsi - fungsi manajemen.

Harmonika, s. (2017). Hadits-hadits tentang manajemen sumber daya manusia (sdm). Jurnal at-tadair.

Hilendria, b. A., junaidi, l. T., effendi, l., & astuti, w. (2019). Eksistensi dan peran alumni dalam menjaga kualitas mutu jurusan akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis universitas mataram. 18(2), 17.

Husain haikal, m. (2011). Sejarah hidup muhammad saw: perang hunain.

Irysad, m. H., hufad, a., & malihah, e. (2017). Perubahan gaya hidup alumni pondok pesantren. 15, 7.

Kompri, k. (2018). Manajemen & kepemimpinan pondok pesantren (1 ed.). Kencana.

Lubis, s., gistituati, n., & rifma, r. (2021). Dimensi-dimensi kepemimpinan produktif dalam menghadapi kompleksitas dan dinamika organisasi. Jurnal bahana manajemen pendidikan, 10(2), 12.

Mallisza, d. (2019). Sistem pengelolaan alumni program diii mik universitas ekasakti [preprint]. Ina-rxiv.

Maujud, f. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan islam (studi kasus pengelolaan madrasah ibtidaiyah islahul muta’allim pagutan). Jurnal penelitian keislaman, 14(1), 31–51.

Mubiarto, a. N., & syarifuddin, s. (2021). Motivasi kepemimpinan dalam lembaga pendidikan. Al-khair journal : management, education, and law, 1(1), 41.

Nata, a. (2017). Ilmu pendidikan islam (4 ed.). Kencana.

Nugroho, z. A., & arifudin, r. (2015). Sistem informasi tracer study alumni universitas negeri semarang dengan aplikasi digital maps. Scientific journal of informatics, 1(2), 153–160. Https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4021

Nur baits, a. (2022, november 15). Fathu makkah: pelajaran dari penakklukan kota makkah.

Nurzazin, n. (2018). Dasar-dasar manajemen pendidikan islam. Edulitera.

Purwanto, m. E. (2022). Membangun sistem informasi manajemen alumni sebagai jalan pintas kemajuan sekolah. 1 no. 1.

Rahayu, a. M., mujahidin, e., & handrianto, b. (2021). Perencanaan pengembangan alumni perguruan tinggi dalam perspektif islam. Idarah tarbawiyah: journal of management in islamic education, 2(2), 76.

Rahayu, s. & sekolah tinggi teknologi garut. (2019). Perancangan sistem informasi geografis pemetaan sebaran alumni. Jurnal algoritma, 15(2), 113–119.

Rahman, k. (2021). Menyoal peran alumni (analisis manajemen pemberdayaan alumni uin khas jember). Fenomena, 20(2), 189–208.

Rahman, z., prayitno, p., & mudjiran, m. (2020). Kondisi implementasi proses pembelajaran di sma kota padang. Jurnal bahana manajemen pendidikan, 9(2), 1.

Rifqi, a., imron, a., & mustiningsih. (2016). Manajemen alumni di pondok pesantren modern dan salaf (studi di pondok pesantren nurul jadid dan pondok pesantren sidogiri). 1 no. 4. Https://doi.org/doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6224

Saefullah, s. (2021). Manajemen pendidikan islam (4 ed.). Pustaka setia.

Saipuddin, & sa’diyah, m. (2021). Perencanaan pengembangan alumni pendidikan islam di ma’had bina tahfidz indonesia. Rayah al-islam, 5(02), 542–559.

Santosa, s. (2020). Manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu perguruan tinggi universitas darussalam gontor. 9, 8.

Sugiyono, s. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r7d (23 ed.). Bandung: alfabeta.

Suparman, r., & lucita, g. (2018). Evaluasi kinerja alumni pelatihan kepemimpinan menggunakan sistem informasi dalam jaringan: temuan awal. Jurnal borneo administrator, 14(2), 119–134.

Wathoni, k. (2021). Alumni menurut perspektif total quality management (tqm). Ma’alim: jurnal pendidikan islam, 2(01).

Wulandari, f. (2019). The role of citizenship behavior of alumni towards their almamater: a driver of financial and social giving behaviour. Jurnal manajemen dan pemasaran jasa, 12(2), 191–206.


Article Metrics

 Abstract Views : 495 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.