Keterampilan Guru dalam Menjelaskan Materi Pembelajaran

Hanif Al Kadri(1), Resta Andriana Putri(2),
(1) Administrasi Pendiidkan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.119255

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran di SMKN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Padang dengan jumlah 563 siswa.dan sampel berjumlah 96 siswa yang diambil dari populasi menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Uji coba dilakukan kepada 20 siswa kelas XI diluar sampel penelitian. Uji coba validitas dan reliabilitas menggunakan program IBM SPSS 24.0 for windows. Uji validitas penelitian ini menggunakan product moment dengan taraf signifikan 5% (0,444) dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Data diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian ini menunjukan keterampilan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran pada komponen Kejelasan dalam pemberian penjelasan  (clarity) berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,71.


Keywords


persepsi siswa; keterampilan menjelaskan

References


Alkadri, H. (2011). Efektivitas dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan. 2739–2751.

Alma, B. (2010). Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. In Jurnal Formatif. Bandung: Alfabeta.

Husaini, U. (2010). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (3rd ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Male, V., Ansar, & Arwildayanto. (2021). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal of Educational Administration and Leadership, 10(1), 104–110. Retrieved from https://doi.org/10.24036/jeal.v2i2.161

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Navisa, J., Jasrial, Ermita, & Sulastri. (2021). Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Praktek Lapangan ( PPL ) Jurusan Administrasi Pendidikan UNP se- SMK Negeri Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(3), 63–69. Retrieved from https://doi.org/10.24036/jeal.v1i3.66

Roestiyah. (2015). Strategi Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) (2nd ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, F. R. C., Nellitawati, Sufyarma, & Hadiyanto. (2020). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN IKLIM ORGANISASI DI SMK NEGERI 4 PADANG. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(2), 8–12. Retrieved from https://doi.org/10.24036/jeal.v1i2.51

Saud, U. S. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suliyarti, R., Gistituati, N., Rusdinal, & Irsyad. (2020). PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(2), 1–7. Retrieved from https://doi.org/10.24036/jeal.v1i2.39

Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas: Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

 Abstract Views : 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.