Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Luar Biasa Se Kecamatan Koto Tangah

Dede Satria(1), Nellitawati Nellitawati(2), Hadiyanto Hadiyanto(3), Nurhizrah Gistituati(4),
(1) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.119231

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru di SLB se Kecamatan Koto Tangah. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SLB se Kecamatan Koto Tangah berjumlah 99 orang. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan warga sekolah serta penyebaran kuisioner. Dari hasil uji analisis data didapatkan hasil data berdistribusi normal, linear dan tidak terjadi multikolinearitas. Hasil pengujian pada taraf signifikan α 0.05 ( taraf kepercayaan 95% ) didapatkan hasil (1) Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SLB se Kecamatan Koto Tangan adalah sebesar 76,3%. (2) Besarnya pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru SLB se Kecamatan Koto Tangah adalah sebesar 73,4%. (3) Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SLB se Kecamatan Koto Tangah adalah sebesar 78%.

Keywords


Kepemimpinan; Iklim Sekolah; Kinerja Guru

References


Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta : Ar Ruzz Media

Basri, Hasan. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : CV PUSTAKA SETIA

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Depdiknas. (2007). Undang-undang Rl No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Depdiknas

Gistituati, N., & Hadiyanto, H. Analisis Iklim Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Bukittinggi. In Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan (pp. 233-241).

Gistituati, Nurhizrah. (2009). Manajemen Pendidikan: Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Padang: UNP Press

Hadiyanto. 2016. Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah, Jakarta : Kencana

Handayani, Handayani, dan Rasyid, Aliyah A. (2015). Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3, (2), pp. 264- 277.

Iskandar, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK N 4 Padang (Studi Kasus Pada Smk N 4 Padang). Jurnal Ekobistek, 7(2).

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal visi ilmu pendidikan, 10(1), 1018-1027.

Kamaludin, K. (2016). Pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(3), 17-29.

Kartono, Kartini . 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Rajawaligrafindo Persada.

Liana, Y. (2012). Iklim organisasi dan motivasi berprestasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru. Jurnal manajemen dan Akuntansi, 1(2).

Mulyasa. (2012). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nawawi , Hadari dan M. Martini Hadari. 2006. Kepemimpinan yang Efektif, Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Permediknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pratiwi, S. D. (2013). Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru ekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Purnamasari, A. (2017). Iklim Sekolah, Motivasi Dan Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Lembang. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 24(1), 82-93.

Purwanto M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan , Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Sagala, Syaiful., 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Supranto. (2016). Statistik Teori dan Aplikasi Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Suryani, L., Sahono, B., & Somantri, M. (2017). Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Antara Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP. Manajer Pendidikan, 11(3).

Syafruddin, S. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Upt Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sukamaju. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 67-79.

Tabrani Rusyan dkk. (2000) Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Gurur, Cianjur : CV. Dinamika Karya Cipta

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. RajaGrafindo Persada.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

 Abstract Views : 350 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.