Pengaruh Komitmen Kerja, Motivasi Kerja, dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru

Nur Aslindawati(1), Sulfaidah Sulfaidah(2), Ninah Wahyuni Amaliah(3), Erni Rismawanti(4), Khaerunisa Khaerunisa(5), Muhammad Fahreza W(6),
(1) Universitas Patompo  Indonesia
(2) Universitas Patompo  Indonesia
(3) Universitas Patompo  Indonesia
(4) Universitas Patompo  Indonesia
(5) Universitas Patompo  Indonesia
(6) Universitas Patompo  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.118564

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh secara simultan komitmen kerja, motivasi kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru. 2) pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja guru, 3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, 4) pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expost facto.  Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jeneponto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 64 orang, sampel penelitian adalah seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel komitmen kerja, motivasi kerja, kompetensi profesional dan kinerja guru yang sudah ada pada sekolah tersebut. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara keseluruhan komitmen kerja, motivasi kerja, dan kompetensi profesional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Jeneponto; 2) komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; 3) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; 4) kompetensi profesional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.


Keywords


komitmen kerja; motivasi kerja; kompetensi professional; kinerja guru

References


Haryaka, 13 5202 0118. 2015. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Budaya Organisasional.” Jurnal Mahasiswa Pasca Sarjana Stikubank.

Hestaliana, Imarah Millati dan Ari. 2021. “Kompetensi Pedagogik Guru Di Paud.” Kompetensi pedagogik guru di paud XII(1): 187–96. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/569.

Panjaitan, N., & Tiarapuspa, T. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Smp Negeri Se-Kota Sibolga Dimoderasi Gender. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-7.

Rahmi, F., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman Kanak Kanak di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 37-46.

Sukamto, Yohanes, and Pardjono Pardjono. 2016. “Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Andalan Di Sleman.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY 9(2): 165–78.

Syafrianti, I., Marsidin, S., & Irsyad, I. (2020). Hubungan Komitmen Organisasional dengan Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Datar. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(1), 31-36. https://doi.org/10.24036/jeal.v1i1.37

Usman, Husaini. 2006. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Bumi aksara.

Yuliantika, D., & Marsidin, S. (2020). Hubungan Lingkungan Kerja Dengan Motivasi Kerja Pegawai Di Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(1), 01-06. https://doi.org/10.24036/jeal.v1i1.31


Article Metrics

 Abstract Views : 540 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.