Pengaruh Pemagangan SMK Kesehatan Dalam Bengkel Kerja Terhadap Motivasi Jiwa Wirausaha
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
(3) Universitas Negeri Surabaya  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.117800
Full Text: Language : id
Abstract
Tujuan pada penelitian ini mengetahui pengaruh pemagangan di bengkel kerja terhadap motivasi jiwa berwirausaha peserta didik di SMK Kesehatan Surabaya. Responden penelitian siswa SMK Kesehatan Surabaya. Populasi berjumlah 47 siswa, maka responden kurang dari 100 diambil semua. Variabel bebas merupakan perlakuan dari penelitian ini yaitu pemagangan. Variabel terikat yaitu motivasi jiwa wirausaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengetahui hasil motivasi jiwa berwirausaha, sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui pemagangan. Teknik analisis data uji hipotesis yaitu analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil dari penghitungan uji analyze regression linear nilai signifikansi sebesar 0,000 atau α < 0,05 (0,000 < 0,05). Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang artinya semakin tinggi pemagangan maka semakin tinggi pula motivasi jiwa berwirausaha peserta didik di SMK Kesehatan Surabaya.
Keywords
References
Amelia, D. R. (2021). Pengaruh Pengalaman Praktik Magang di Industri Perbankan Syariah Terhadap Kesiapan Mahasiswa FEBI UINSU Angkatan 2016 Dalam Bekerja di Bank Syariah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
April, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Melalui Tingkat Pengangguran Terbuka Di Provinsi Sumatera Utara. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).
Ariyanti, A. (2018). Pengaruh Motivasi dan Mental Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(2), 95–106.
Artha, I. K. A. J., Widodo, W., Nusantara, W., & Cahyani, A. D. (2022). Analysis of Student Participation Pursuing Package C in Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Nonformal Education, 8(1). https://doi.org/10.15294/jne.v8i1.32693
Asbar, A. M. (2019). Diskursus Wacana Sains dan Teknologi serta Dampaknya pada Pendidikan Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 3(1), 483–497.
Asmawi, M. N. (2018). Kebijakan Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi, Pasar Bebas dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Scolae: Journal of Pedagogy, 1(2), 1–10.
Cahyani, A. D. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1130
Devra, D. D. (2022). Peran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau dalam Mengoptimalkan Kemampuan Pencari Kerja Untuk Mewujudkan Sumberdaya Manusia Yang Berkualitas dan Berdaya Saing. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 6(1), 108–116.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Ernawati, L., Kurniasari, N. I., & Ningrum, D. S. A. (2022). PENGARUH SCHOOL WELLBEING TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT. QUANTA, 6(1), 8–16.
Faturohman, O., Sudrajat, A., & Ghoer, H. F. (2022). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Sunda. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1233–1245.
Gatot, M., & Rahayu, D. (2019). Hubungan antara Program Magang dengan Motivasi Pengembangan Karir Peserta Didik. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1(1), 11–19.
Kurniullah, A. Z., Simarmata, H. M. P., Sari, A. P., Sisca, S., Mardia, M., Lie, D., Anggusti, M., Purba, B., Mastuti, R., & Dewi, I. K. (2021). Kewirausahaan dan Bisnis. Yayasan Kita Menulis.
Rahmawaty, D. (2021). Evaluation Program Of Effectively Life Skills Nonformal Education At PKBM Miftahul Jannah Jakarta. Jurnal Desain-Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 1–13.
ROFIQI, R. (2018). PENDIDIKAN LIFE SKILLS DI PESANTREN AL-IHSAN (Studi di Pesantren al-Ihsan Pandeglang). Universitas Islam Negeri" SMH" Banten.
Savitri, C., & Suherman, E. (2019). Peran Stakeholder Lembaga Pendidikan Dalam Usaha Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Pada Perguruan Tinggi Di Kabupaten Karawang). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 4(2).
Utomo, W. (2021). Paradigma Pendidikan Vokasi: Tantangan, Harapan Dan Kenyataan. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 65–72.
Article Metrics
Abstract Views : 263 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 88 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.