Analisis Kesesuaian Muatan Pendidikan Karakter dengan Buku Siswa Kelas IV SD Berbasis Kurikulum 2013 Tema Pahlawanku

Nindya Nurdianasari(1), Eva Rahmawati(2), Chumi Zahroul Fitriyah(3), Fajar Surya Hutama(4), Linda Purnamasari Rukmana(5),
(1) Universitas Jember  Indonesia
(2) Universitas Jember  Indonesia
(3) Universitas Jember  Indonesia
(4) Universitas Jember  Indonesia
(5) SDN Kranjingan 03 Jember  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116714

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas IV SD berbasis K13 tema pahlawanku”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis jenis penelitian analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema pahlawanku edisi revisi 2017 untuk siswa kelas IV SD/MI. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif meliputi pengadaan data, pengurangan atau reduksi data, inferensi, dan analisis data. Kesesuian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas IV tema pahlawanku cukup sesuai dengan persentase sebesar 55%. Nilai karakter yang tertinggi yaitu nilai nasionalis dengan persentase sebesar 47,28%. Nilai nasionalis kemunculannya paling tinggi karena sesuai dengan tema pahlawanku. Sementara persentase nilai religius yaitu 7,27%. Nilai mandiri menunjukkan persentase sebesar 25,45%, sedangkan persentase nilai gotong royong sebesar 9,09%. Nilai integritas menunjukkan persentase sebesar 10,91%.


Keywords


pendidikan karakter; kurikulum 2013; buku siswa

References


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Aedi, N. (2010). Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan: Instrumen Penelitian dan Pengumpulan Data. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. https://bit.ly/2OcKm4C. [Diakses pada 22 November 2019].

Hutama, F. S., H. A. Anhar, & D. A. Haidar. (2019). Muatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Bacaan pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. Educare: Jurnal of Primary Education PGMI FTIK IAIN Jember. 1(1): 73-85. https://bit.ly/2NzQ5kg. [Diakses pada 23 Desember 2019].

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(2): 113–124. https://bit.ly/2AKOKjP. [Diakses pada 04 Oktober 2019].

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional. https://bit.ly/2pfSmI7. [Diakses pada 13 Oktober 2019].

Mardikarini, S. dan Suwarjo. (2016). Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(2): 261–274. https://bit.ly/309nQ07. [Diakses pada 16 Agustus 2019].

Mumpuni, A. dan M. S. Masruri. (2016). Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(1): 17–28. https://bit.ly/2P98UxQ. [Diakses pada 16 Agustus 2019].

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Wacana. 8(2): 177–181. https://bit.ly/2QMhP7D. [Diakses pada 22 November 2019].

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018. Kurikulum 2013. 20 Desember 2018. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1691. Jakarta: Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://bit.ly/2Ow3vgV. [Diakses pada 20 November 2019].

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013. Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2013. https://bit.ly/2Pv90Nq. [Diakses pada tanggal 11 Desember 2019].

Permatasari, F. dan D. Zuchdi. (2014). Analisis Muatan Pendidikan Karakter Buku Teks IPS SMP di Kota Surakarta. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 11(1): 46–56. https://bit.ly/2N8yXTe. [Diakses pada 05 Agustus 2019].

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 16(3): 229–238. https://bit.ly/31Ka8kf. [Diakses 24 Oktober 2019].

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 8(1): 28–37. https://bit.ly/2MJTAVb. [Diakses pada 24 Oktober 2019].

Sardiman, A. M. (2010). Revitalisasi Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Cakrawala Pendidikan: 147–160. https://bit.ly/308l1ML. [Diakses pada 26 Juli 2019].

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, and Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu: 44–53. https://bit.ly/2Nc4F0n. [Diakses pada 24 Oktober 2019].

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1): 47–58. https://bit.ly/2LRwyeV. [Diakses pada 04 Oktober 2019].

Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Tohir, M., S. Akbar., dan Sujito. (2017). Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 11(2): 236–252. https://bit.ly/307XhZi. [Diakses pada 03 Agustus 2019].

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta. https://bit.ly/2PfT6b5. [Diakses pada 24 Oktober 2019].

Zuchdi, D. (2010). Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif. Yogyakarta: UNY Press. https://bit.ly/30MFcj1. [Diakses pada 04 Oktober 2019].

Zuchdi, D. (2010). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

 Abstract Views : 437 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.