Manajemen Pembiayaan Pendidikan Lembaga Kursus Bahasa Inggris: Antara Profit dan Pemenuhan Kebutuhan Siswa

Agustian Ramadana Putera(1), Lisda Aisyah(2), Misnasanti Misnasanti(3), Ainun Mahfudzah(4), Syahrial Shaddiq(5),
(1) Universitas Negeri Yogyakarta  Indonesia
(2) IAI Darussalam Martapura  Indonesia
(3) Universitas Negeri Yogyakarta  Indonesia
(4) Universitas Negeri Yogyakarta  Indonesia
(5) Universitas Cahaya Bangsa  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i1.116620

Full Text:    Language : id

Abstract


Lembaga kursus bahasa Inggris dapat dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu sebagai lembaga pendidikan dan lembaga bisnis. Kedua sudut pandang tersebut sangat menarik untuk ditelaah bagaimana pengelolaan keuangan dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis praktek manajemen keuangan di lembaga pendidikan non formal kursus bahasa inggris Kind English Course di Kampung Inggris Pare, Kediri. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan wawancara yang mendalam dengan pimpinan sekaligus pendiri Kind English Course dan bendahara yang mengatur keuangan. Hasil penelitian yaitu 1) Pada tahap perencanaan dilakukan rapat internal dan penentuan skala prioritas khususnya pada material penunjang pembelajaran siswa, 2) Tahap pembukuan, bendahara menyediakan buku cadangan untuk keamanan pencatatan dan dilaporakan secara berkala kepada pimpinan, dan 3) Tahap Akuntabilitas, laporan keuangan Kind English Course belum memakai konsep laporan yang terstandar sesuai dengan SAK EMKM.


Keywords


Manejemen Keuangan; Pembiayaan Pendidikan; Kampung Inggris Pare; Pendidikan Nonformal; Akuntansi

References


Agustin; Yulia, “The Position of English as the Language of Instruction in the World of Education”, Deiksis, Vol.3(4), (2011); 354-364.

Albasya; Moh. Faishal Yordhani, M. Kholid Mawardi & Inggang Perwangsa Nuralam, “Analysis of Consumer Preferences on Decisions to Use English Language Course Services (Studies on Customers of English Language Courses in Kampung Inggris Pare)”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.58(2), (2018); 197-205.

Amin; Fatimah Hidayahni, Indrawati Asfah & Seny Luchriani, “Implementation of English Debate using the British Parliamentary Method”, Proceeding Seminar Nasional, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar (2020); 627-630

Anggraeni; Birawani Dwi, “Effect of Business Owner's Financial Literacy Level on Financial Management. Case Study: UMKM Depok”, Jurnal Vokasi Indonesia, Vol.4(2), (2016); 43-50.

Barakati; Dijey Pratiwi, “Impact of Smartphone Use in Learning English”, Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, Vol.1(1), (2013); 1-13.

Ernawati; Sri, Jurimirin Asyikin & Octavia Sari, “Application of Basic Accounting System in Small and Medium Enterprises in Banjarmasin City”, Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, Vol.6(2), (2016); 81-91.

Esterberg, K. G. Qualitative methods in social research. (2002); (No. 300.18 E8)

Eviyanto; Winda, Zia Hisni Mubarak & Yulia Puspita Sari, “English Conversation Coaching for the Batu Aji Asri Batam Griya Change Community”, Jurnal Puan Indonesia, Vol.1(2) (2020); 89-95.

Fahmi; Irham, “Introduction to Financial Management Theory and Question and Answer”. Bandung: Alfabeta, 2012.

Fajri; Arif, “The Effect of Preventive Supervision and Directive Supervision on the Effectiveness of Budget Control”, Jurnal Menara Ilmu, Vol.12(6), (2018); 1-9.

Gunawan; Hendra, “Preparation of the Aliston Buana Wisata Batam Accounting System, Journal of Applied Accounting and Taxation, Vol.1(1), (2006); 37-43.

Herawan, E., & Yana, E. (2017). Analisis Pembiayaan Pendidikan Lembaga Pendidikan Swasta (Studi Kasus pada Lembaga Pendidikan Kursus di Kota Cirebon). Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1–6. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/download/10643/7889%0Ahttp://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/viewFile/10643/7889

Heripson, “Financial Management Textbook”. Pekanbaru: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau, 2018.

Komariah; Nur, “Concept of Educational Financial Management”, Jurnal Al-Afkar, Vol.6(1), (2018); 67-94.

Kristiawan; Muhammad, Dian Safitri & Rena Lestari, “Education Management”. Sleman: Deepublish, 2017.

Kurniawati; Dessi, Jamiyla, & Trie Sartika Pratiwi, “Sales Budget Analysis as a Profit Planning Tool at PT. Wahana Persada Karton Palembang”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, Vol.8,(1), (2017); 61-66.

Machfoed; Mahmud, “Introduction to Modern Business”, Yogyakarta: ANDI, 2007.

Mahanka; Ridwan, Isah Aisyah, Iwan M. Ridwan, Hermansyah, & Rani Rahmawati, “Improvement of Management Knowledge in MSME Players L.A English Course”, Jurnal Abdimas BSI, Vol.1(2); (2018), 290-295.

Munir, A. (2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal At-Ta’dib, 8(2), 232–234.

Ningtyas; Jilma Dewi Ayu, “Preparation of MSME Financial Statements Based on Financial Accounting Standards for Micro, Small, and Medium Entities (SAK-EMKM) (Case Study at MSME Bintang Malam Pekalongan) ”, Owner Riset dan Jurnal Akuntansi, Vol. 2(1), (2017); 11-17.

Nuraini; Adek Latifa & Rosyani, “The Effect of Budget Participation and Accounting Information on Managerial Performance: Organizational Commitment, Leadership Style, Task Uncertainty, Environmental Uncertainty and Business Strategy as Moderation Variables”, Proceeding of Conference in Business, Accounting, and Management (CBAM), Vol.1(1) (2012); 99-120.

Prihatin; Eka, “Educational Administration Theory”, Bandung: Alfabeta, 2011.

Rahman, A. (2017). Efisien dalam Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Eklektika, 5(2), 87–103.

Rizal; Rizal, Misnasanti, Syahrial Shaddiq, Ramdhani, & Feri Wagiono. Learning Media in Indonesian Higher Education in Industry 4.0: Case Study. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, Vol.3 (3), (2020);127-134.

Rustiawan, H. (2021). Komersialisasi Pendidikan (Analisis Pembiayaan Pendidikan). Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 16(1), 44–63.

Savitri; Rosita Vega & Saifudin. “Accounting Recording in Micro, Small and Medium Enterprises (Study on MSMEs MR Pelangi Semarang)”, Vol.5(2), (2018); 11-125.

Sholikhin; Ahmad & Ade Setiawan, “Readiness of MSMEs Against Implementation of SAK-EMKM (Study of UMKM in Blora Regency)”, Journal of Islamic Finance and Accounting, Vol.(2), (2018); 35-50.

Sitinjak; Elizabeth Lucky Maretha, Kristiana Haryanti, Widuri Kurniasari, & Wisnu Djati, “Applied Financial Management: Investment Decisions & Personality Dis”. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata, 2018.

Sonedi, Jamalie, Z., & Majeri, M. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat. Fenomena, 9(1), 25. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.702

Sugiyono, “Educational Research Methodology”. Bandung: Alfabeta, 2019.

Syahputra; Idham, “Learning Strategies of English as a Foreign Language in Improving Students' Language Ability”, Kutubkhanah Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol 17)1(, (2014); 127-145.

Syaifuddin; Dedy Takdir, “Financial Management (Theory and Application)”. Kendari: Unhalu Press, 2008.


Article Metrics

 Abstract Views : 863 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 505 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.