Manajemen Organisasi Karang Taruna

Heinrich Saneba(1), Deitje A. Katuuk(2), Viktory N.J. Rotty(3), Jeffry S.J. Lengkong(4),
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112283

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana memberdayakan pemuda dengan menerapkan manajemen organisasi karang taruna. Manajemen organisasi terdiri dari berbagai kegiatan yang berupa perencanaan dan pengelolaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang merupakan suatu bentuk penelitian yang memiliki tujuan dalam memberikan gambaran umum  yang diperoleh dari data lapangan yang dikumpulkan secara objektif dengan menggunakan tipe fenomenologis. Metode penelitian yang digunakan yaitu systematic review untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan interpretasi terhadap semua hasil penelitian yang relevan terkait  pertanyaan penelitian tertentu, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian. Systematic review yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif (meta-sintesis) dengan teknik naratif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa memberdayakan pemuda dengan menerapkan manajemen organisasi karang taruna cukup berjalan dengan baik namun belum dapat dikatakan berjalan secara optimal, hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa hal yang masih perlu untuk dibenahi dan ditingkatkan lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek (1) Strategi ketika merencanakan kegiatan dalam manajemen organisasi dan koordinasi dengan rencana tersebut. (2) Pengorganisasian, khususnya perundingan dengan perangkat yang menyelenggarakan kegiatan karang taruna sesuai pembagian kerja dan sistem pada pemuda, memerlukan perencanaan yang tepat agar dapat melaksanakan kegiatan secara efektif. (3) Dilakukan melalui organisasi yang efisien dan pemeliharaan komunikasi. Kinerja dalam sebuah organisasi tidak terlepas dari kontribusi seluruh anggota tim yang terlibat. (4) Mengawasi bidang tanggung jawab dan prestasi kelompok pemuda yang menduduki posisi perwakilan masyarakat, khususnya pemuda yang selalu bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.


Keywords


Manajemen Organisasi, Karang taruna

References


Ashary, Luckman. (2016). Optimalisasi Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pengembangan Desa Silomukti Kabupaten Situbondo. Prosisding Seminar Nasional Prodi Manajemen Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Abdullah, Taufik. (1974). Pemuda Dan Perubahan Sosial. Jakarta: Lp3s.

Agus Riyadi, Fifin. 2003. Efektifitas Kegiatan Karang Tarunan Dalam Kaderisasi di Desa Kwadungan Gunung Kecamatan Kledung Kabupaten Tamagung. (Tidak Terbitkan).

Fibrianti, Omi Dkk. (2020). Pelaksanaan Fungsi Organisasi Karang Taruna Di Desa Tapuhaka Kecamatan Kabaena Timur. Jurnal Selami IPS. 1 (13.

George R Terry dalam Sukarna. (2011). Principles of Management. 5 th Edition. Indonesia: Pearson).

Handayaningrat. (2000). Pengantar Studi Ilmu Administrasi Dan Manajemenn. Jakarta: Haji

Masagung Hardjiito, Dydiet. (1997). Teori Organisasi Dan Teknik Pengorganisasian Edisi 1. Jakarta: Raja Grafindo.

Hapsah, Siti Isfardiyana & Riani Leviana Anggita Sari. (2014). Pelatihan Manajemen Organisasi Pada Remaja Dusun Kenaiban Dan Pencil, Desa Kenaiban, Juwiring, Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan. 3 (2) 141-145.

Hasibuan, Malayu S P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisis Revisi Cetakan Ketiga Belas). Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Ibnu, Syamsi. (1994). Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Kitchenham, B. (2004). Procedures For Performing Systematic Reviews. Eversleigh: Keele University.

Madani, Mukhlis, Dkk (2016). Pedoman Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi, Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Mukhlis. (2007). Analisis Tanah Dan Tananman Usu Press, Medan 155 Hal Ndraha.

Ratminto & Atk Septi Winarsih. (2012). Manejemen Pelayanan: Pengembangan Modul Konseptual, Penerapan Citizen Charter Dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..

Siaha, Arif Widodo Dkk. (2019). Reorientasi Peran Karang Taruna : Mengembangkan Manajemen Organisasi yang Selaras Dengan Konteks Pembangunan Daerah Jurnal Abdimas. 1 (1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitiaan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed ,Ethods) Edisi Keempat. Bandung: Alfabeta.

Taliziduhu. (2011). Dimensi-Dimensi Pemerintahan Desa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.

Zuhri, Hilmi dkk. (2019). Peran Karang Taruna dalam Pembinaan dan Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif (Studi Kasusu di Desa Pesanggrahan Kota Batu). Jurnal Respon Publik. 13 (4).


Article Metrics

 Abstract Views : 2988 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 4336 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.