Problem Based Learning: Application as an Effort to Increase Activeness and Critical Thinking Skills of Class IV Elementary School Students
(1) Pendidikan Profesi Guru, Universitas Kristen Satya Wacana  Indonesia
(2) Pendidikan Profesi Guru, Universitas Kristen Satya Wacana  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112168
Full Text: Language : id
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah dalam mengaplikasikan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian yang digunakan ialah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bojong yang memiliki jumlah 23 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan sisanya perempuan berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian yang dipakai ialah Penelitian Tindakan Kelas jenis Classroom Research dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Pelaksanaan tindakan kelas ini diterapkan sejumlah 2 siklus, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Per-siklus terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Pelaksanaan teknik penghimpunan data menggunakan tes dan non tes, sedangkan instrumen penelitian memakai soal uraian, lembar observasi, dan rubrik. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yakni teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian pada kondisi mula-mula atau pra siklus, keaktifan yang dicapai siswa terhitung 37,93%. Siklus I terhitung 60,82% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi sebanyak 76,02%. Sedangkan saat siklus I, KKM yang dicapai atau siswa yang sudah memenuhi syarat berpikir kritis diakumulasikan dengan rata-rata sejumlah 63,78 dan pada siklus II siswa yang telah berpikir kritis meningkat dengan rata-rata 82,30. Oleh sebab itu, dapat dicapai kesimpulan bahwa keaktifan dan keterampilan berpikir kritis bisa ditingkatkan dengan cara menerapkan model Problem Based Learning.
Keywords
References
Anugraheni, I. (2018). Meta analisis model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9–18. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(April), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32
Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79
Maharani, O. D. tri, & Kristin, F. (2017). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 106–112. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500
Mustamilah, M. (2015). Peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar menggunakan model problem based learning pada subtema Merawat Tubuhku siswa kelas 1 SD Negeri 1 Gosono-Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 92–102. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p92-102
Nursidah, Suharto, B., & Rusmansyah. (2015). Penerapan model Guided Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Vidya Karya, 34(1), 26–38.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas 4 SD. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268
Purnomo, A., & Suprayitno. (2013). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Tps ( Think Pair Share ) dalam pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–9.
Rumini, R., & Wardani, N. S. (2016). Upaya peningkatan hasil belajar tema Berbagai Pekerjaan melalui model Discovery Learning siswa kelas 4 SDN Kutoharjo 01 Pati semester 1 tahun ajaran 2014-2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 19–40. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p19-40
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Pertama). Kencana.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 6(2), 93–99. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/334
Suparman, S. (2014). Peningkatan kemandirian belajar dan minat belajar mahasiswa mata kuliah Elektronika Analog dengan pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan UNY, 22(1), 83–88. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i1.8840
Suwandi, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yuma Pustaka.
Suwandi, Y. (2015). Peningkatan hasil belajar IPA tentang Ekosistem melalui metode Problem Based Learning pada siswa kelas V sekolah dasar kabupaten Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 93–102. https://doi.org/10.21009/JPD.061.09
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga.
Widiani, N. (2016). Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11, 11(5), 62–73. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/1442
Article Metrics
Abstract Views : 426 timesPDF Downloaded : 112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.