Pengaruh Model Kooperarif Tipe Team Assited Indvidualization (TAI) Terhadap hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran tematik Terpadu di kelas IV SDN gugus II kecamatan Danau Kembar

Meireza Gafar(1), Reinita Reinita(2),
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112166

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimental design berupa non equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Danau Kembar. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Simpang Tj. Nan IV berjumlah 50 orang dimana siswa kelas IV A berjumlah 24 orang dan siswa kelas IV B berjumlah 26 orang. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh t hitung sebesar 5,17 dan t tabel sebesar 2,010. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Danau Kembar.

Keywords


Learning Model of type Team Assisted Individualization (TAI), Learning Outcomes

References


Arikunto, Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Istarani & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96.

Reinita, Reinita, and Asnita El Fitri. (2019). “The Effect of Cooperative Two Stay Two Stray Model on Civics Learning Outcomes of Primary School Students.”

Reinita, & Eci. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Pedagogi Jurnal Pendidikan 18(1).75-81.

Siddiq, Muhammad, and Reinita Reinita. (2019). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Tipe Course Review Horay Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

 Abstract Views : 312 times
 PDF Downloaded : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.