Pengembangan Profesional Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Manado
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112137
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan professional tenaga pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Manado. Penelitian dilakukan dengan motode deskriptif kualitatif. Kepala sekolah, guru dan pengawas ditetapkan sebagai subjek penelitian, penentuan participant dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan triangulasi lintas waktu dan metode. Analisis data mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman: data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan tenaga pendidik pada SMK Negeri 1 Manado terbatas pada kegiatan pengembangan inernal di sekolah sedangkan untuk pengembangan eksternal sekolah menunggu undangan dan tenaga pendidik menunggu penunjukan dari kepala sekolah; (2) faktor-faktor pendukung pengembangan tenaga pendidik di SMK Negeri 1 Manado adalah tersedianya fasilitas pendukung pembelajaran seperti laptop, proyektor LCD dan peran kepala sekolah yang terus memotivasi tenaga pendidik untuk mengembangkan kompetensi profesional; (3) faktor-faktor penghambat pengembangan tenaga pendidik adalah kurangnya motivasi untuk meningkatkan komepetensi dan perjalanan karirnya; (4) upaya pengembangan tenaga pendidik pendidik adalah kepala sekolah lebih kreatif memotivasi guru-guru agar lebih inovatif, kreatif dan mandiri; membuat analisis kebutuhan guru; dan membuat usulan bagi guru-guru yang perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai dengan evaluasi supervisi yang dilaksanakan di kelas oleh team penilai sehingga meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru tersebut.
Keywords
References
, R. U. N. 14 T. (2005). Undang-Undang Guru Dan Dosen. 1–26. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Cbdcc1af-21ce-316c-Acdb-C0f7950a894f/
Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. Https://Doi.Org/10.46807/Aspirasi.V9i2.1103
Avalos, B. (2011). Teacher Professional Development In Teaching And Teacher Education Over Ten Years. In Teaching And Teacher Education. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2010.08.007
Borko, H. (2004). Professional Development And Teacher Learning: Mapping The Terrain. Educational Researcher. Https://Doi.Org/10.3102/0013189x033008003
Guskey, T. R. (2002). Professional Development And Teacher Change. In Teachers And Teaching: Theory And Practice. Https://Doi.Org/10.1080/135406002100000512
Ismail, F. (2018). Mengurai Problematika Pendidikan Indonesia (Upaya Menjawab Tantangan Zaman). Jurnal Ilmiah Iqra’, 3(2). Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V3i2.558
Lince, R. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting).
M. Darling-Hammond, L. . H. M. E. . & G. (2017). Effective Teacher Professional Development (Research Brief). June, 1–8. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/6dbca7c9-C4ea-315a-9107-14455ddd5bf2/
Meissel, K., Parr, J. M., & Timperley, H. S. (2016). Can Professional Development Of Teachers Reduce Disparity In Student Achievement? Teaching And Teacher Education, 58, 163–173. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2016.05.013
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V7i1.2957
Mulyani, F. (2015). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen ( Kajian Ilmu Pendidikan Islam ). 03(01), 1–8. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/5d9a62df-6fa5-3b1f-A51e-9335d4e7ebe8/
Munawar, M. (2019). Supervisi Akademik : Mengurai Problematika Profesionalisme Guru Di Sekolah. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 135–155. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V3i1.522
Nurdiansyah, A. S. (2017). Profesionalisme Guru Dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global. 180, 180–190. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D53733d1-B443-37a2-A198-F154e83150d2/
Nurjanah, A. (2019). Evaluasi Diklat Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (Pkg) Dan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (Pkb). Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3). Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V17i3.615
Paesani, K. (2020). Teacher Professional Development And Online Instruction: Cultivating Coherence And Sustainability. Foreign Language Annals, 53(2), 292–297. Https://Doi.Org/10.1111/Flan.12468
Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. (2017). Edukasi.
Perrina, N. O. (2020). Pentingnya Mempelajari Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Serta Konsep Profesi Dan Tenaga Kependidikan. Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/E01febc2-E1f9-301f-A12b-373880694463/
Philipsen, B., Tondeur, J., Mckenney, S., & Zhu, C. (2019). Supporting Teacher Reflection During Online Professional Development: A Logic Modelling Approach. Technology, Pedagogy And Education, 28(2), 237–253. Https://Doi.Org/10.1080/1475939x.2019.1602077
Portillo, J., & Lopez De La Serna, A. (2021). An International Perspective For ‘Improving Teacher Professional Development For Online And Blended Learning: A Systematic Meta-Aggregative Review.’ Educational Technology Research And Development, 69(1), 25–28. Https://Doi.Org/10.1007/S11423-020-09851-9
Powell, C. G., & Bodur, Y. (2019). Teachers’ Perceptions Of An Online Professional Development Experience: Implications For A Design And Implementation Framework. Teaching And Teacher Education, 77, 19–30. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2018.09.004
Sennen, Undefined E. (2017). Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. 16–21. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/31bf9b3e-6f37-3ab4-901f-27d9930b4eae/
Sennen, E. (2017). Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. 16–21. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/C1b07558-C2da-3243-A0eb-Ab15c5469045/
Septiani, N. (2019). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 1(2). Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V1i2.4989
Smets, W., & Struyven, K. (2020). A Teachers’ Professional Development Programme To Implement Differentiated Instruction In Secondary Education: How Far Do Teachers Reach? Cogent Education, 7(1). Https://Doi.Org/10.1080/2331186x.2020.1742273
Sprott, R. A. (2019). Factors That Foster And Deter Advanced Teachers’ Professional Development. Teaching And Teacher Education, 77, 321–331. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tate.2018.11.001
Stein, M. K., & Wang, M. C. (1988). Teacher Development And School Improvement: The Process Of Teacher Change. Teaching And Teacher Education. Https://Doi.Org/10.1016/0742-051x(88)90016-9
Subroto, W. (2016). Etika Dan Nilai-Nilai Profesi Kependidikan. 6(2), 1063–1066. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Bd6bf119-9536-3bbc-9b68-A9c70aee4d29/
Sunaiyah, S. (2018). Problematika Dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Ma. Jurnal Pemikiran Keislaman. Https://Doi.Org/10.33367/Tribakti.V29i2.603
Suparman, S. (2016). Peranan Perguruan Tinggi (Lptk) Dalam Mewujudkan Tenaga Pendidik Yang Profesional. 3(2), 1–476. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D0b22121-14ea-3c1a-89a9-C4ff45283eec/
Svendsen, B. (2016). Teachers’ Experience From A School-Based Collaborative Teacher Professional Development Programme: Reported Impact On Professional Development. Teacher Development, 20(3), 313–328. Https://Doi.Org/10.1080/13664530.2016.1149512
Tarigan, P. B. (2013). Konsep Dasar Profesi Kependidikan. 53(9), 1689–1699. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/D2a8d9a8-867e-3471-Ac79-073293a3c62c/
Tune Sumar, W., & Tune Sumar, S. (2020). Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Pedagogika, 10(2), 84–94. Https://Doi.Org/10.37411/Pedagogika.V10i2.60
Usman, N., Murniati, A. R., Marlina, L., & Irani, U. (2020). The Principal Strategic Leadership On Teachers’ Professional Development At Junior High Schools In Banda Aceh. Journal Of Critical Reviews, 7(13), 831–835. Https://Doi.Org/10.31838/Jcr.07.13.143
Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal Of Education Research, 1(3), 225–236. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V1i3.26
Zeng, Y., & Day, C. (2019). Collaborative Teacher Professional Development In Schools In English (Uk) And Shanghai (China): Cultures, Contexts And Tensions. Teachers And Teaching: Theory And Practice, 25(3), 379–397. Https://Doi.Org/10.1080/13540602.2019.1593822
Article Metrics
Abstract Views : 893 timesPDF Downloaded : 205 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.