Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dan Dampaknya di Sekolah Dasar Negeri Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112131
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pelaksanaan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dan dampaknya terhadap efektivitas sekolah di SD Negeri Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian dilakukan dengan motode deskriptif kualitatif. Kepala sekolah, guru dan pengawas ditetapkan sebagai subjek penelitian. Penentuan participant dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan triangulasi lintas waktu dan metode. Analisis data mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman: data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MMT diimplementasikan dengan melibatkan peranan masyarakat. Ketersediaan guru yang berkompeten serta profesional menjadikan kualitas mutu di SD Negeri Matungkas tetap terjaga. Manajemen guru yang profesional adalah kunci keberhasilan sekolah ini tetap eksis di tengah persaingan dan munculnya sekolah swasta yang mengandalkan kelengkapan sarana prasarana. Manajemen guru dan pegawai yang profesional ditunjang dengan aspek lain seperti manajemen mutu peserta didik, manajemen mutu kurikulum, manajemen mutu keuangan, manajemen mutu sarana prasarana, manajemen mutu hubungan masyarakat dan manajemen mutu layanan khusus. Secara tidak langsung implementasi MMT di SD Negeri Matungkas meningkatkan peran serta dan tanggung jawab warga sekolah dan masyarakat dalam menjaga mutu sehingga meningkatnya efektivitas sekolah. Disarankan kepada kepala sekolah membangun kesadaran warga sekolah dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam implementasi MMT di sekolah.
Keywords
References
Achyar, A. (2019). Konsep Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 193. Https://Doi.Org/10.32832/Tawazun.V10i2.1161
Aliyu, M. S., Abubakar, M. S., Yakasai, A. M., & Garba, A. (2018). Modelling Nigerian Public Universities Performance Through Total Quality Management. Journal Of Applied Structural Equation Modeling, 2(1), 59–73. Https://Doi.Org/10.47263/Jasem.2(1)06
Alkurnia, R., & Anggraini, A. (2017). Pengelolaan Manajemen Keuangan Pada Lembaga Pendidikan (Studi Pada Sekolah Al-Islam Dan Muhammadiyah Di Surakarta). 3(1), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/06e03d7e-5cc5-307f-84f3-00ba5ea61fcc/
Ambarwati, A. (2018). Organisasi Dan Teori Organisasi. In Academia (Issue April 2018). Https://Www.Academia.Edu/38353586/Pengertian_Organisasi_Dan_Teori_Organisasi
Asante, E., & Ngulube, P. (2020). Critical Success Factors For Total Quality Management Implementation And Implications For Sustainable Academic Libraries. Library Management, 41(6–7), 545–563. Https://Doi.Org/10.1108/Lm-02-2020-0017
Butterwick, N. B. (1993). Total Quality Management In The University Library. Library Management, 14(3), 28–31. Https://Doi.Org/10.1108/01435129310027246
Douglas, T. J., & Judge, W. Q. (2001). Total Quality Management Implementation And Competitive Advantage: The Role Of Structural Control And Exploration. Academy Of Management Journal, 44(1), 158–169. Https://Doi.Org/10.2307/3069343
El Hawi, R., & Alzyadat, W. (2019). Tqm Measured Students’ Satisfaction In The Jordanians’ Private University For Achieving Institutional Excellence. Tem Journal, 8(2), 409–416. Https://Doi.Org/10.18421/Tem82-13
Hasiholan, B. L. (2012). Teori Organisasi Suatu Tinjauan Perspektif Sejarah. Journal Of Visual Languages & Computing, 11(3).
Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1). Https://Doi.Org/10.31604/Muaddib.V1i1.471
Karageorgos, C., Kriemadis, A., Travlos, A., & Kokaridas, D. (2021). Planning And Implementing Total Quality Management In Education: The Case Of Cyprus. International Journal Of Educational Management And Innovation, 2(1). Https://Doi.Org/10.12928/Ijemi.V2i1.2627
Khurniawan, A. W., Sailah, I., Muljono, I. P., & Syamsul Maarif, I. M. (N.D.). An Analysis Of Implementing Total Quality Management In Education: Succes And Challenging Factors. International Journal Of Learning And Development, 10(2). Https://Doi.Org/10.5296/Ijld.V10i2.17270
Kigozi, E., Ko, J., & On, Y. (2019). Total Quality Management (Tqm) Practices Applied In Education Institutions: A Systematic Review Of Literature.
Miftakhi, D. R., & Nurjanah, N. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Memberikan Layanan Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di Slb Ypac Pangkalpinang. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 265–278. Https://Doi.Org/10.32923/10.32923/Sus.Vol1.Iss1.18
Motwani, J., & Kumar, A. (1997). The Need For Implementing Total Quality Management In Education. International Journal Of Educational Management, 11(3). Https://Doi.Org/10.1108/09513549710164023
Nasim, K., Sikander, A., & Tian, X. (2020). Twenty Years Of Research On Total Quality Management In Higher Education: A Systematic Literature Review. Higher Education Quarterly, 74(1), 75–97. Https://Doi.Org/10.1111/Hequ.12227
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 6(1), 58–67. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/04a7227b-77c8-305e-Accf-3d09857b06ec/
Rohman, N. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi.V14i2.625
Shahmohammadi, N. (2018). The Impact Of Total Quality Management On The Effectiveness Of Educational Programs Of Karaj First Grade High Schools. Engineering, Technology & Applied Science Research, 8(1), 2433–2437. Https://Doi.Org/10.48084/Etasr.1674
Sohel-Uz-Zaman, A. S. M., & Anjalin, U. (2016). Implementing Total Quality Management In Education: Compatibility And Challenges. Open Journal Of Social Sciences, 04(11). Https://Doi.Org/10.4236/Jss.2016.411017
Sriwidadi, T. (2001). Manajemen Mutu Terpadu. The Winners, 2(2), 107. Https://Doi.Org/10.21512/Tw.V2i2.3817
Taahyadin, F., & Daud, Y. (2018). Total Quality Management In School. 20(6), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Aa947bc9-E322-32c0-A0c0-Ead5bbba3177/
Winarsih, S. (2019). Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. International Conference Of Moslem Society, 1, 124–135. Https://Doi.Org/10.24090/Icms.2016.2409
Article Metrics
Abstract Views : 1945 timesPDF Downloaded : 515 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.