Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dan Dampaknya di Sekolah Dasar Negeri Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara

Christine Rawis(1), Deitje A. Katuuk(2), Viktory N.J. Rotty(3), Jeffry S.J. Lengkong(4),
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia
(4) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Manado  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112131

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pelaksanaan Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dan dampaknya terhadap efektivitas sekolah di SD Negeri Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian dilakukan dengan motode deskriptif kualitatif. Kepala sekolah, guru dan pengawas ditetapkan sebagai subjek penelitian. Penentuan participant dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data dilakukan triangulasi lintas waktu dan metode. Analisis data mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan Miles dan Huberman: data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MMT diimplementasikan dengan melibatkan peranan masyarakat. Ketersediaan guru yang berkompeten serta profesional menjadikan kualitas mutu di SD Negeri Matungkas tetap terjaga. Manajemen guru yang profesional adalah kunci keberhasilan sekolah ini tetap eksis di tengah persaingan dan munculnya sekolah swasta yang mengandalkan kelengkapan sarana prasarana. Manajemen guru dan pegawai yang profesional ditunjang dengan aspek lain seperti manajemen mutu peserta didik, manajemen mutu kurikulum, manajemen mutu keuangan, manajemen mutu sarana prasarana, manajemen mutu hubungan masyarakat dan manajemen mutu layanan khusus. Secara tidak langsung implementasi MMT di SD Negeri Matungkas meningkatkan peran serta dan tanggung jawab warga sekolah dan masyarakat dalam menjaga mutu sehingga meningkatnya efektivitas sekolah. Disarankan kepada kepala sekolah membangun kesadaran warga sekolah dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam implementasi MMT di sekolah.


Keywords


Manajemen Mutu Terpadu; Sekolah Dasar; Efektivitas Sekolah

References


Achyar, A. (2019). Konsep Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 193. Https://Doi.Org/10.32832/Tawazun.V10i2.1161

Aliyu, M. S., Abubakar, M. S., Yakasai, A. M., & Garba, A. (2018). Modelling Nigerian Public Universities Performance Through Total Quality Management. Journal Of Applied Structural Equation Modeling, 2(1), 59–73. Https://Doi.Org/10.47263/Jasem.2(1)06

Alkurnia, R., & Anggraini, A. (2017). Pengelolaan Manajemen Keuangan Pada Lembaga Pendidikan (Studi Pada Sekolah Al-Islam Dan Muhammadiyah Di Surakarta). 3(1), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/06e03d7e-5cc5-307f-84f3-00ba5ea61fcc/

Ambarwati, A. (2018). Organisasi Dan Teori Organisasi. In Academia (Issue April 2018). Https://Www.Academia.Edu/38353586/Pengertian_Organisasi_Dan_Teori_Organisasi

Asante, E., & Ngulube, P. (2020). Critical Success Factors For Total Quality Management Implementation And Implications For Sustainable Academic Libraries. Library Management, 41(6–7), 545–563. Https://Doi.Org/10.1108/Lm-02-2020-0017

Butterwick, N. B. (1993). Total Quality Management In The University Library. Library Management, 14(3), 28–31. Https://Doi.Org/10.1108/01435129310027246

Douglas, T. J., & Judge, W. Q. (2001). Total Quality Management Implementation And Competitive Advantage: The Role Of Structural Control And Exploration. Academy Of Management Journal, 44(1), 158–169. Https://Doi.Org/10.2307/3069343

El Hawi, R., & Alzyadat, W. (2019). Tqm Measured Students’ Satisfaction In The Jordanians’ Private University For Achieving Institutional Excellence. Tem Journal, 8(2), 409–416. Https://Doi.Org/10.18421/Tem82-13

Hasiholan, B. L. (2012). Teori Organisasi Suatu Tinjauan Perspektif Sejarah. Journal Of Visual Languages & Computing, 11(3).

Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1). Https://Doi.Org/10.31604/Muaddib.V1i1.471

Karageorgos, C., Kriemadis, A., Travlos, A., & Kokaridas, D. (2021). Planning And Implementing Total Quality Management In Education: The Case Of Cyprus. International Journal Of Educational Management And Innovation, 2(1). Https://Doi.Org/10.12928/Ijemi.V2i1.2627

Khurniawan, A. W., Sailah, I., Muljono, I. P., & Syamsul Maarif, I. M. (N.D.). An Analysis Of Implementing Total Quality Management In Education: Succes And Challenging Factors. International Journal Of Learning And Development, 10(2). Https://Doi.Org/10.5296/Ijld.V10i2.17270

Kigozi, E., Ko, J., & On, Y. (2019). Total Quality Management (Tqm) Practices Applied In Education Institutions: A Systematic Review Of Literature.

Miftakhi, D. R., & Nurjanah, N. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Memberikan Layanan Untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di Slb Ypac Pangkalpinang. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 265–278. Https://Doi.Org/10.32923/10.32923/Sus.Vol1.Iss1.18

Motwani, J., & Kumar, A. (1997). The Need For Implementing Total Quality Management In Education. International Journal Of Educational Management, 11(3). Https://Doi.Org/10.1108/09513549710164023

Nasim, K., Sikander, A., & Tian, X. (2020). Twenty Years Of Research On Total Quality Management In Higher Education: A Systematic Literature Review. Higher Education Quarterly, 74(1), 75–97. Https://Doi.Org/10.1111/Hequ.12227

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 6(1), 58–67. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/04a7227b-77c8-305e-Accf-3d09857b06ec/

Rohman, N. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi.V14i2.625

Shahmohammadi, N. (2018). The Impact Of Total Quality Management On The Effectiveness Of Educational Programs Of Karaj First Grade High Schools. Engineering, Technology & Applied Science Research, 8(1), 2433–2437. Https://Doi.Org/10.48084/Etasr.1674

Sohel-Uz-Zaman, A. S. M., & Anjalin, U. (2016). Implementing Total Quality Management In Education: Compatibility And Challenges. Open Journal Of Social Sciences, 04(11). Https://Doi.Org/10.4236/Jss.2016.411017

Sriwidadi, T. (2001). Manajemen Mutu Terpadu. The Winners, 2(2), 107. Https://Doi.Org/10.21512/Tw.V2i2.3817

Taahyadin, F., & Daud, Y. (2018). Total Quality Management In School. 20(6), Undefined-Undefined. Https://Www.Mendeley.Com/Catalogue/Aa947bc9-E322-32c0-A0c0-Ead5bbba3177/

Winarsih, S. (2019). Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. International Conference Of Moslem Society, 1, 124–135. Https://Doi.Org/10.24090/Icms.2016.2409


Article Metrics

 Abstract Views : 1702 times
 PDF Downloaded : 476 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.